CARA MENGATUR TEKS POSTINGAN BLOG AGAR RAPIH

Daftar isi [Buka]
Cara merapihkan teks postingan blog

Bagi sobat MyHaka Blog yang baru kenal dunia blogging, salah satu hal yang sering terlupakan saat memposting artikel adalah lupa memperhatikan pengaturan teks dan paragraft agar terlihat ciamik. Apalagi yang berjiwa plagiat, asal comot sana-sini dari sumber luar blog, seperti saya .... he he.

Penentuan warna teks yang sesuai dengan background, Aligment text (perataan teks)susunan kata yang teratur dengan pengaturan paragraf yang proporsional, jarak spasi yang tidak terlalu rapat atau renggang, penempatan tanda baca yang tepat, sehingga kalimat bisa jelas arti dan maknanya, ini merupakan sebagian ciri-ciri dari postingan sebuah blog yang rapi serta enak dipandang mata. 

Cara merapihkan teks postingan blog

Cara merapihkan teks postingan agar rapih

Perhatikanlah dua gambar di atas ! Sangat jelas perbedaan dari segi penataan teksnya. Gambar pertama terlihat tidak rapih dan yang kedua terlihat rapih dan tentu enak dibacanya. Gambar ke 2 terlihat rapih karena memaksimalkan fasilitas icon-icon yang ada pada layout entry post blogger

Untuk itu, bagi sobat MyHaka Blog yang baru kenal dunia blogging, aspek yang satu ini harap jangan dianggap remeh. Kerapian sebuah artikel atau postingan, wajib Sobat perhatikan agar pengunjung blog merasa betah berlama-lama di blog kesayangan sobat

A. Manfaat Postingan Artikel Yang Rapih

Postingan yang rapih banyak sekali manfaatnya. Inilah beberapa keuntungan yang bisa sobat ketahui jika postingan blog sobat tersusun dengan rapih :

A.1. Profesionalitas

Postingan yang memiliki susunan yang baik menunjukkan keseriusan pemilik blog dalam menyusun sebuah tulisan untuk pembaca setianya. Sadar atau tidak, format postingan yang acak-acakan memberi kesan bahwa Sobat ‘meremehkan’ kualitas dari tulisan Sobat sendiri.

A.2. Reputasi

Website atau blog yang telah memiliki nama besar di kancah internet, sangat mengutamakan kualitas website mereka melalui penataan artikel yang ciamik. Mereka sadar, itu adalah bagian dari reputasi sebuah ‘brand personal’ di mata pembaca setianya.

A.3. Kenyamanan pembaca

Secara psikologis, umumnya manusia menyukai kerapihan, karena bisa membawa efek kenyamanan. Begitu pun sebaliknya. Sesuatu yang tak beraturan bisa merusak mood seseorang terhadap obyek yang dilihatnya.

B. Tips Menyusun Postingan Yang Rapih

Sebelumnya, inilah tahap-tahap dalam membuat postingan yang benar seperti di bawah ini :
  • Buat draft (coret-coretan) artikel dengan aplikasi MsWord. 
  • Untuk menghindari skrip-skrip bawaan dari MsWord, sebaiknya jangan langsung menyalin draft artikel dan menaruhnya di entri baru pada dasbor blog. Salin atau copy draft artikel Anda dari MsWord ke Notepad terlebih dahulu.
  • Pindahkan hasil copy draft pada Notepad ke entri baru pada dasbor blog.
  • Pada Entri baru, maksimal kan draft artikel tersebut sedemikian rupa agar susunan kalimat, paragraf dan tanda bacanya memenuhi kaidah tata bahasa dan kosakata yang benar.
  • Setelah itu, perhatikan hal-hal di bawah ini untuk menyempurnakan draft artikel sobat agar menghasilkan postingan yang rapih, apik dan terstruktur.

B. 1. Tata bahasa

Tata bahasa merupakan kaidah yang mengatur penggunaan sebuah bahasa. Biasa kan untuk selalu memakai tata bahasa yang sudah umum dan mudah dimengerti.

Bahasa yang luwes atau fleksibel lebih mudah menyentuh emosi dan logika pembaca. Jangan terlalu banyak menyelipkan istilah-istilah asing dalam setiap postingan. Andai memang terpaksa, gunakan tanda kurung untuk memberikan arti dari istilah asing tersebut.

B. 2. Tanda baca

Tanda baca artinya tanda yang dipakai saat membaca. Secara khusus pengertian tanda baca yaitu tanda yang digunakan untuk menulis sebuah bacaan agar maksud tulisan tersebut sampai ke pembaca.

Contoh tanda baca yang sering di temui antara lain titik (.), koma (,), tanda seru (!), titik koma (;) dan sebagainya tentunya dengan fungsi yang berbeda-beda.

Tempatkan tanda baca pada posisi yang semestinya. Penempatan tanda baca yang salah bisa merubah alur kalimat serta maknanya.

B. 3. Spasi

Ada dua jenis spasi yaitu line spacing (jarak antar baris kalimat) dan word spacing (jarak antara kata).

Kebanyakan dari blogger memanfaatkan fungsi spasi untuk sekedar membuat postingan agar terlihat lebih panjang. Ini cara yang kurang efektif.

Sebaiknya atur jarak spasi secara proporsional. Jangan terlalu rapat atau pun renggang. Standar jarak spasi pada artikel umumnya antara 1,5 – 2.00.

Selanjutnya, antar paragraf juga perlu diperhatikan jaraknya. Adapun cara yang simpel adalah menggunakan tombol enter pada keyboard untuk menurunkan/ memberi jarak antar paragraf. Contohnya seperti pengaturan teks dan paragraf pada tulisan yang Sobat sedang baca ini yah, he he he

B. 4. Aligment (Penyejajaran)

Aligment atau penyejajaran kalimat pada artikel ada 4 fungsi, yaitu sejajar kiri, kanan, tengah dan justify (rata kiri-kanan).

Untuk postingan yang rapih, pilih penyejajaran secara justify. Tampilan secara justify mengurangi ruang kosong pada artikel. Artikel secara otomatis akan mengikuti lebar halaman kiri dan kanan.

B. 5. Format kata dan kalimat

Untuk kata yang mengandung poin penting dalam kalimat atau kalimat yang menonjol dalam paragraf, berikan “treatment” khusus.

Gunakan huruf tebal, miring atau underline (garis bawah) untuk memberikan penegasan terhadap sebuah kata atau kalimat yang butuh ‘perhatian’ lebih dari pembaca.

Pemberian warna pada poin-poin penting dalam kalimat akan lebih memudahkan pembaca serta postingan terasa tidak monoton.

B. 6. Huruf (font)

Times new roman, verdana, georgia dan arial adalah jenis huruf yang sering kita jumpai di setiap postingan.

Agar postingan tidak menyolok mata, atur ukuran huruf nya biar pas untuk ukuran standar jarak pandang pembaca.

Ukuran huruf yang sangat kecil tentu akan menyulitkan pembaca yang memiliki gangguan penglihatan saat membaca. Jangan terlalu tebal atau pun tipis. Ukuran standar huruf pada postingan sebaiknya antara 15px sampai 18px.

Sebagai sentuhan akhir, manfaatkan fungsi dari ikon-ikon pada menu “entri baru” di dashboard blogger agar artikel menjadi sedap dipandang dan enak dibaca. 

Merapihkan teks postingan di blogger

Note :
  • Arahkan kursor mouse pada tiap icon "entri baru" posting blog, sehingga akan muncul keterangan fungsi tiap icon tersebut.
  • Jika terpaksa Sobat akan meng-copy paste langsung teks artikel dari dokument word, misalnya, ke dashboard "entri baru" post/ postingan maka setelah di-pastekan, teks pada dashboard entri post di blok dahulu semua teks tersebut, selanjutnya klik icon HAPUS PEMFORMATAN. Terakhir, rapihkan kembali tampilan teksnya dengan memanfaatkan icon-icon pengformatan teks sebagaimana dalam gambar di atas.
Itulah sedikit tips dan triks yang bisa saya bagikan untuk sobat MyHaka Blog. Semoga ada manfaatnya. 

Ditulis Oleh : Sodikin Sc | My Haka Blog

Terima kasih Anda telah membaca artikel yang berjudul CARA MENGATUR TEKS POSTINGAN BLOG AGAR RAPIH, Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan berguna untuk Anda. Kritik dan saran silahkan kirim melalui kotak komentar di bawah ini. Jangan lupa share jika dirasa bermanfaat ....

:: Thank you for visiting ! ::

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

6 Responses to "CARA MENGATUR TEKS POSTINGAN BLOG AGAR RAPIH"

Budayakan komentar yang santun yah Gaes

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2