MENGENAL WIDGET FOLLOWER PADA BLOGGER

Daftar isi [Buka]

Mengenal Widget Follower Pada Blogger

A.  Perbedaan Gadget dan Widget

Acapkali kita masih bingung dengan pengertian Gadget dan Widget dalam versi Blogger, untuk itu sebelumnya dirasa perlu penjelasan dua istilah ini.

Secara umum, gadget adalah device atau perangkat seperti ponsel, ipad, dan lainnya. Namun, gadget juga memiliki pengertian khusus dalam dunia blog. Dalam versi Blogger, gadget adalah “elemen atau fungsionalitas baru yang bisa ditambahkan ke halaman blog.” Namun penggunaannya terbatas hanya pada layanan Blogger, dalam arti gadget itu tidak bisa difungsikan di platform lain, semisal Wordpress, Joomla, atau lainnya. 

Sedangkan widget memiliki definisi yang sama dengan gadget (dalam pengertian khusus versi Blogger), namun lebih dapat digunakan secara luas—tidak sebatas pada Blogger saja. Misalnya widget Histats dan Cbox (contoh kedua widget ini ada di Blog MyHaka ya gaes) serta widget-widget lainnya yang  dapat digunakan secara umum dan tak terbatas hanya pada salah satu platform saja.


B.  Widget Followers dan Follow by Email

Istilah Follow atau ikuti, tentu tidaklah begitu asing bagi Anda yang sudah terbiasa ber-medsos ria. Fitur ini digunakan untuk berinteraksi antar pengguna media sosial.

Sama halnya di platform media sosial, untuk dapat menikmati fitur follow di platform blog, seperti Blogger, juga wajib mempunyai akun di Blogger terlebih dahulu. Kok gitu, iya dong, jika Anda mengikuti seseorang di Instagram, tentu Anda harus sdh mempunyai akun Instagram terlebih dahulu. Jika tidak, ya tentu Anda tidak bisa menjadi pengikutnya. Pahamkan ???

Widget Follower (pengikut blog) berbeda dengan widget Subscribe by Email (ikuti dengan email). Subscribe tidak mewajibkan orang lain mempunyai akun blogger jika menginginkan notifikasi artikel baru sebuah blog. Jika subscribe hanya mengirimkan notifikasi ke email, maka widget follow membuat followers dapat melihat langsung update artikel terbaru dari blog yang diikuti melalui dashboard bloggernya, namun isi update artikelnya hanya beberapa kalimat atau karakter saja. Di sana di sematkan tautan artikelnya untuk dapat membacanya secara lengkap. 

Nah sekarang sudah pahamkan, fungsi dan tujuan widget followers dan follow by email ??? Pilihan ada pada Anda, apakah akan memasang keduanya atau salah satu saja. Saran saya, jangan sia-siakan pengunjung blog yang tidak pasti mempunyai akun email dan atau akun blogger. Untuk itu, pada My Haka Blog dipasang keduanya, karena sasaran pengunjung blog yang tidak mesti punya email atau akun blogger. 


C. Cara Melihat Followers Blog Sendiri

Jika Anda sudah memasang widget Follower/ Pengikut pada blog Anda, maka untuk bisa melihat  para pengikut dapat dilakukan dengan 2 cara berikut ini :

Cara pertama, jika Anda menggunakan PC, maka Anda cukup melihat di widget Followers pada blog Anda. Arahkan kursor ke gambarnya, maka akan muncul nama blogger yang menjadi pengikut blog Anda.

Cara kedua. Jika Anda menggunakan HP, maka cukup tekan agak lama gambar/Poto pengikut dengan jari Anda, sehingga akan muncul jendela pop up baru. Pada bagian/baris atas, akan terlihat nama pengikut blog Anda. Cara lainnya  untuk bisa melihat secara detail nama blogger yang menjadi pengikut blog Anda dengan HP, maka ikuti langkah-langkah di bawah ini :
  1. Login blogspot.com dengan akun Blogger Anda
  2. Setelah masuk pada Dasboard Blogger, selanjutnya ikuti langkah-langkah sesuai gambar di bawah ini :
Mengenal widget follower pada Blogger

Mengenal widget follower pada Blogger

Mengenal widget follower pada Blogger

Pada gambar no. 3 jelas sekali ditampilkan follower blog Anda. Nah mudah bukan ?

D. Cara Followers Melihat Update Artikel Terbaru Blog Yang Diikuti

Seorang blogger yang mengikuti blog orang, tentunya di awali beberapa niatan. Ada yang sekedar klik mengikuti karena hubungan perkenalan atau memang menganggap content blog cukup manarik untuk diikuti.

Jika Anda pernah menjadi followers blog orang lain, dan alasannya untuk bisa mendapatkan update artikel terbaru, maka ada dua langkah caranya, yakni :

Cara pertama, Anda langsung mengunjungi blog yang sudah diikuti. Di sana Anda akan melihat releted post terbaru di blognya.

Cara kedua. Cara ini dilakukan jika Anda lupa-lupa ingat nama blog atau url blog yang diikuti. Pada cara kedua ini, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut :
  1. Login blogger.com
  2. Setelah dashboard blog terbuka, pilih menu Daftar Bacaan
Mengenal widget follower pada Blogger

  1. Pada tampilan halaman berikutnya, terlihat semua blog yang Anda ikuti. Pada bilah kiri adalah update artikel terbaru, yang disajikan hanya dalam beberapa karakter saja. Untuk membaca secara lengkap, Anda cukup klik pada tautan url blog-nya. Pada bilah kanan adalah daftar semua blog yang Anda ikuti. Jika Anda ingin mengedit / mengelola blog-blog yang diikuti, silakan klik icon pensil pada bilah kanan atas (tanda panah). Perhatikan gambar berikut ini :

Mengenal widget follower pada Blogger

  1. Jika Anda meng-klik icon pensil (icon edit) maka pada halaman baru yang muncul Anda dapat mengedit sesuka hati. Bahkan Anda dapat menambah kembali blog baru yang ingin di ikuti, yakni dengan cara klik Tab Tambahkan (tanda panah)

Mengenal widget follower pada Blogger

  1. Jika Anda ingin manambahkan blog baru yang ingin diikuti, setelah klik Tab Tambahkan, Anda cukup memasukkan URL blog-nya (berarti Anda harus hafal url-nya yah)
Itulah pengertian widget Followers, manfaat dan tujuannya serta cara mudah mengetahui update artikel baru blog-blog yang di ikuti dengan widget Followers, bahkan Anda bisa mengedit/mengelola blog yang sudah diikuti dan juga menambahkan blog baru.

Mudah-mudahan bermanfaat


Ditulis Oleh : Sodikin Sc | My Haka Blog

Terima kasih Anda telah membaca artikel yang berjudul MENGENAL WIDGET FOLLOWER PADA BLOGGER, Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan berguna untuk Anda. Kritik dan saran silahkan kirim melalui kotak komentar di bawah ini. Jangan lupa share jika dirasa bermanfaat ....

:: Thank you for visiting ! ::

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "MENGENAL WIDGET FOLLOWER PADA BLOGGER"

Post a Comment

Budayakan komentar yang santun yah Gaes

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2