Kunci Jawaban Pelatihan Mandiri PMM Topik Perencanaan Pembelajaran SMA/SMK/Paket C

Daftar isi [Buka]

Platform Merdeka Mengajar

Pada artikel sebelumnya, Admin sudah membagikan kunci jawaban pelatihan mandiri Platform Merdeka Mengajar (PMM) topik Kurikulum Merdeka. Selanjutnya, berikut adalah kumpulan kunci jawaban Latihan Pemahaman, Cerita Reflektif dan Post Test Topik Perencanaan Pembelajaran

Sebelumnya, pastikan ibu dan bapak guru sudah menyimak video-video yang ada dalam tiap modul/ materi pada topik yang sedang dipelajari. Melihat/ menyimak narasi konten video sangatlah penting untuk memahami Implementasi Kurikulum Merdeka dalam proses pembelajaran, sekaligus syarat Anda dapat mengikuti tahapan-tahapan selanjutnya

DISCLAIMER JAWABAN

Perlu diketahui ibu dan bapak guru, bahwa semua jawaban atas tugas pelatihan mandiri Platform Merdeka Mengajar (PMM) dalam tulisan ini merupakan :

  1. hasil pemahaman Admin selama Admin mengikuti pelatihan mandiri  pada PMM
  2. sebagai jawaban referensi tambahan bagi ibu dan bapak guru dalam proses memahami soal pada setiap modul yang sedang dipelajari;
  3. sebagai bahan bagi ibu dan bapak guru dalam mengeksplorasi pilihan jawaban sesuai dengan pemahaman Anda sendiri.
  4. referensi jawaban yang Admin sajikan tidak mutlak 100% benar. Silahkan ibu dan bapak guru mencari tambahan referensi jawaban dari materi yang sudah disimak melalui video di tiap-tiap modul/materi atau bisa saja dari sumber lain yang mendukung 

Topik

Perencanaan Pembelajaran SMA/SMK/Paket C

Modul Pelatihan

Silakan pelajari modul sesuai urutan!

Modul 1
Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (SD/Paket A, SMP/ Paket B, SMA/K/ Paket C)

Visi Misi dan Budaya Satuan Pendidikan

  • Latihan Pemahaman
    1. Pada pilihan berikut, pernyataan yang salah mengenai visi dan misi yaitu :
    1. Visi adalah gambaran masa depan
    2. Misi dituliskan dalam kalimat tindakan
    3. Visi bersifag realistis, kredibel, dan atraktif
    4. Visi tidak harus selalu ideal
    2. Budaya sekolah ditentukan oleh :
    1. Pemerintah Daerah
    2. Kepala sekolab dan manajemen sekolah
    3. Perwakilan selurub warga sekolah
    4. Guru bersama perwakilan orang tua
  • Cerita Reflektif

    Jika boleh berandai-andai, sekolah impian Ibu dan Bapak Guru itu sekolah yang bagaimana?

    Saya meng-impikan sekolah yang memiliki visi dan misi yang jelas, serta adanya komitmen bersama (warga sekolah) dalam implementasinya. Terwujudnya lulusan yang kompeten, mandiri dan berkarakter juga merupakan impian besar saya pada sekolah

Memahami Capaian Pembelajaran

  • Latihan Pemahaman
    1. Naskah CP terdiri dari ...
    1. Rasional, tujuan, karakteristik, dan mata pelajaran
    2. Rasional, tujuan, alur, dan capaian pembelajaran
    3. Rasional, tujuan, karakteristik, dan capaian pembelajaran
    4. Rasional, alur, karakteristik, dan profil pelajar pancasila
    2. Berikut ini adalah elemen yang ada dalam naskah capaian pembelajaran, kecuali …
    1. Tujuan Mata Pelajaran
    2. Indikator Mata Pelajaran
    3. Karakteristik Mata Pelajaran
    4. Rasional Mata Pelajaran
  • Cerita Reflektif

    Apa hal baru yang Anda dapatkan saat membaca Capaian Pembelajaran untuk mata pelajaran yang Anda ampu?

    Setelah membaca Capaian Pembelajaran mata pelajaran yang saya ampu, saya mendapatkan informasi tentang tingkat kesuksesan pembelajaran yang diserap oleh siswa, mendapatkan informasi tentang kesulitan pembelajaran siswa, dan juga mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk melakukan evaluasi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.

Merumuskan Tujuan Pembelajaran

  • Latihan Pemahaman
    1. Tujuan Pembelajaran dikembangkan dari...
    1. Kompetensi dasar
    2. Lingkup materi
    3. Capaian pembelajaran
    4. Alur tujuan pembelajaran
    2. Hal yang diidentifikasi saat merumuskan tujuan pembelajaran dengan cara alternatif ke-2 adalah:
    1. Kompetensi
    2. Lingkup materi
    3. Elemen mata pelajaran
    4. Lingkup materi dan kompetensi
  • Cerita Reflektif

    Sebelumnya, bagaimana cara Anda merumuskan Tujuan Pembelajaran? Apakah cara tersebut masih dapat digunakan?

    Dalam merumuskan Tujuan Pembelajaran, sebelumnya saya selalu memperhatikan 4 (empat) hal, yakni : (1) Audience (siswa); (2) Behavior ( perilaku); (3) Condition (Kondisi); Dan (4) Degree (membandingkan kondisi).

    Cara di atas masih dianggap relevan dalam merumuskan pembelajaran

Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran

  • Latihan Pemahaman
    1. Peran yang dapat dipilih pendidik dalam kaitan dengan ATP adalah…
    1. Merancang sendiri berdasarkan CP
    2. Mengembangkan dan memodifikasi contoh yang sudah ada
    3. menggunakan contoh yang disediakan pemerintah
    4. Semua benar
    2. Langkah pertama yang dilakukan saat menyusun ATP adalah berdiskusi terlebih dahulu dengan guru 1 fase
    1. Benar
    2. Salah
  • Cerita Reflektif

    Apa pemahaman baru yang Anda dapatkan mengenai alur tujuan pembelajaran?

    Setelah memahami materi pelatihan ini, saya mendapatkan pemahaman baru bahwa alur dari suatu tujuan pembelajaran adalah sebuah susunan tujuan pembelajaran yang disusun secara utuh serta sesuai dengan urutan pembelajaran dari awal sampai akhir fase. Hal ini dirancang berdasarkan dengan urutan kegiatan pembelajaran guna menilai Capaian Pembelajaran.

    Alur Tujuan Pembelajaran ini memiliki fungsi sebagai panduan untuk guru serta peserta didik guna meraih Capaian Pembelajaran pada akhir fase. Hal tersebut harus memuat kompetensi, konten, serta variasi.
 Post Test
    1. Perhatikan langkah dalam penyusunan visi dan misi sekolah berikut :
    (1) Wawancara.
    (2) Pemilihan informasi yang relevan.
    (3) Analisis karakteristik atau konteks sekolah.
    (4) Merumuskan misi sekolah.
    (5) Merumuskan visi sekolah.

    Urutan yang tepat dalam menyusun visi dan misi sekolah adalah....
    1. 1-2-3-4-5
    2. 1-2-3-5-4
    3. 2-1-3-5-4
    4. 2-1-5-4-3
    5. 1-3-2-4-5
    2. Lingkungan belajar yang nyaman dapat diwujudkan dengan mewujudkan Budaya Sekolah yang positif. Berikut yang bukan merupakan Faktor yang mempengaruhi Budaya Sekolah yang positif adalah . . . .
    1. Asumsi-asumsi dasar yang dipegang oleh seluruh warga sekolah
    2. Norma yang berlaku di lingkungan masyarakat
    3. keyakinan yang dipegang oleh seluruh warga sekolah
    4. Asumsi pribadi dari salah satu pemangku kepentingan
    3. Hal yang perlu dilakukan sebelum menyusun alur tujuan pembelajaran adalah ....
    1. Menentukan metode pembelajaran
    2. Merencanakan rencana asesmen.
    3. Menentukan kedalaman materi
    4. Mempelajari dan menguraikan CP
    5. Menentukan produk akhir
    4. Bagaimana pelaksanaan prinsip penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran yang kontekstual ?
    1. fokus pada salah satu materi penting saja
    2. memperhatikan hubungan antar tujuan pembelajaran
    3. fokus pada salah satu capaian kompetensi saja
    4. memperhatikan kebutuhan belajar peserta didik
    5. Langkah pertama yang harus dilakukan ketika menulis tujuan pembelajaran dengan alternatif kedua adalah ...
    1. Mengidentifikasi kata kunci pada CP
    2. Mengelompokkan hasil identifikasi sesuai kompetensi dan lingkup materinya
    3. Merumuskan tujuan pembelajaran
    4. Memetakan Alur Tujuan Pembelajaran
    6. Tujuan Pembelajaran sebaiknya memuat ...
    1. Kompetensi dan lingkup materi
    2. Kompetensi dasar dan Kompetensi inti
    3. Capaian Pembelajaran dan Kompetensi
    4. Capaian Pembelajaran dan lingkup materi
    7. Metode pengurutan yang meningkatkan standar performa sekaligus mengurangi bantuan secara bertahap merupakan penjelasan metode dalam penyusunan ATP yaitu…
    1. Pengurutan Deduktif
    2. Pengurutan Hierarki
    3. Pengurutan Prosedural
    4. Scaffolding
    8. Dalam penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran geografi, Pak Andi memulai dari Tujuan Pembelajaran mengenai peta secara umum sebelum melanjutkan dengan Tujuan Pembelajaran mengenai peta-peta tematik. Metode penyusunan ATP yang digunakan oleh Pak Andi adalah ...
    1. Pengurutan konkret-abstrak
    2. Pengurutan Deduktif
    3. Pengurutan Prosedural
    4. Pengurutan mudah-sulit.

Modul 2
Merancang Pembelajaran SMA/SMK?Paket C

Pemahaman Bermakna dan Pertanyaan Pemantik

  • Latihan Pemahaman
    1. Berikut yang bukan kriteria pertanyaan pemantik adalah ...
    1. Inti dari topik pembelajaran
    2. Berupa pertanyaan terbuka
    3. Memikat ketertarikan murid pada topik yang akan dipelajari
    4. Dapat dijawab tanpa perlu penyelidikan oleh murid
  • Cerita Reflektif

    Ketika sekolah dahulu, adakah pelajaran yang mau tidak mau diikuti, padahal tidak paham hingga saat ini, mengapa kita belajar hal tersebut? Ceritakan yuk !

    Semua mata pelajaran yang diajarkan guru pastinya bermanfaat bagi murid. Namun, oleh karena beberapa faktor, ada beberapa materi dalam mata pelajaran tersebut sulit dipahami, bahkan dianggap sia-sia mempelajarinya.

    Faktor penyebabnya, diantaranya dikarenakan guru saat itu belum merasa terdorong untuk mengkontekstualisasikan materi pelajaran dengan kondisi lingkungan yang berkembang. Sebab lainnya adalah biasanya karena hal-hal yang dianggap baru, sehingga terasa sulit untuk menganalisisnya, apalagi jika dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari

    Untuk itu, Guru harus mampu mengajak murid untuk mengeksplorasi, maka akan mudah mengikutinya

Merancang Asesmen Pembelajaran

  • Latihan Pemahaman
    1. Indikator pencapaian kompetensi dibuat untuk ...
    1. Memastikan tujuan pembelajaran sudah tercapai
    2. Membuat pengukuran yang terarah
    3. Memudahkan dalam merancang asesmen
    4. Semua benar
    2. Saat merancang asesmen kita menentukan hal-hal berikut, kecuali
    1. Indikator pencapaian kompetensi
    2. Pertanyaan pemantik
    3. Alat ukur yang akan dipakai
    4. Panduan asesmen untuk murid
  • Cerita Reflektif

    Saat menjadi murid dahulu, bagaimana perasaan Ibu dan Bapak Guru saat mengerjakan ujian/ulangan?

    Tidak dipungkiri ada perasaan resah, grogi, tidak percaya diri dan khawatir tidak mampu menjawab dengan baik sehingga mendapatkan nilai yang kecil.

Merumuskan Modul Ajar

  • Latihan Pemahaman
    1. Komponen modul ajar yang menjelaskan keterampilan murid yang harus dikuasai saat akan mempelajari suatu topik disebut ...
    1. Tujuan pembelajaran
    2. Kompetensi prasyarat
    3. Indikator keberhasilan
    4. Rubrik penilaian
    2. Merancang modul ajar sebenarnya adalah proses kita merancang kegiatan belajar. Hal-hal yang perlu ditentukan saat merancang modul ajar adalah ...
    1. Rincian kegiatan belajar
    2. Bahan ajar yang diperlukan murid
    3. Dimensi profil pelajar pancasila yang akan ditumbuhkan
    4. Semua benar
    3. Berikut kondisi-kondisi yang membuat kita perlu memodifikasi modul ajar, kecuali ...
    1. Sarana dan prasarana yang disarankan tidak tersedia
    2. Kemampuan dan karakteristik murid yang berbeda
    3. Capaian pembelajaran yang berbeda
    4. Kondisi lingkungan sekolah yang berbeda
  • Cerita Reflektif

    Menurut Ibu dan Bapak Guru, pembelajaran yang membosankan itu yang seperti apa ?

    Pembelajaran yang hanya lebih sering mencatat, terutama pada mata pelajaran dengan jam yang banyak/ panjang
 Post Test
    1. Berikut pernyataan yang bukan merupakan kriteria dari pemahaman bermakna adalah ...
    1. Merupakan pemahaman praktis
    2. Mencerminkan kesimpulan dari pembelajaran
    3. Didapat meelalui berbagai proses pencarian belajar
    4. Tidak memiliki jawaban 'benar' dan 'salah'
    2. Perhatikan pertanyaan-pertanyaan berikut ini :
    (1) Bagaimana cara mengukur panjang sebuah meja?
    (2) Alat apa saja yang dapat digunakan untuk mengukur meja?
    (3) Bagaimana cara menggunakan timbangan?

    (4) Apa yang bisa dilakukan untuk mengukur berat udara?

    Bu Ami adalah seorang guru Fisika. Saat ini Bu Ami sedang menyampaikan pembelajaran mengenai pengukuran. Dari pertanyaan di atas, manakan pertanyaan pemantik yang dapat di gunakan oleh Bu Ami?
    1. 1 dan 2
    2. 2 dan 3
    3. 1 dan 4
    4. 2 dan 4
    3. Dalam penyusunan asesmen, penentuan alat ukur yang tepat sangat tergantung pada ...
    1. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran
    2. Aspek dan tingkat capaian peserta didik
    3. Capaian pembelajaran sesuai fase
    4. Lembar penilaian yang disiapkan
    4. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini :
    (1) mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik
    (2) memperoleh data berupa nilai dari pencapaian hasil belajar
    (3) mendapatkan gambaran kemampuan awal yang dimiliki peserta didik

    (4) mengetahui kebutuhan belajar peserta didik

    Dari pernyataan di atas, fungsi asesmen sumatif ditunjukkan oleh nomor ...
    1. 1 dan 2
    2. 2 dan 3
    3. 1 dan 3
    4. 2 dan 4
    5. Pak Markus sedang merancang asesmen untuk pelajaran Seni Musik. Pak Markus ingin agar para peserta didik mampu merancang sebuah pagelaran seni secara berkelompok. Pak Markus memberikan kebebasan kepada para peserta didik untuk memilih jenis pagelaran musik yang akan ditampilkan. Untuk proses penilaiannya, Pak Markus memutuskan akan menggunakan rubrik. Pak Markus memutuskan akan menggunakan 3 aspek utama yaitu penampilan, harmonisasi, dan variasi alat musik yang digunakan. Yang tidak termasuk kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran menunjukkan harmonisasi dalam bermusik adalah . . . .
    1. 3 alat musik atau lebih digunakan sekaligus
    2. Musik dan vokal terdengar harmonis
    3. Suara musik tidak mendominasi
    4. Artikulasi dan nada tepat
    6. Pak Rudy adalah seorang guru Fisika. Pada modul ajar yang didapatkannya dari Platform Merdeka Mengajar, Pak Rudy tertarik dengan aktivitas peserta didik dalam mempraktikkan pembuktian nilai gaya gravitasi. Di sekolah, alat dan bahan yang dibutuhkan sebagian sudah tersedia, namun jumlahnya belum memadai dan belum lengkap. Upaya modifikasi yang dapat dilakukan oleh Pak Rudy agar peserta didik tetap dapat mempraktikkan pembuktian tersebut adalah ...
    1. Mengajak peserta didik untuk praktik dengan memanfaatkan benda di sekitar mereka
    2. Melakukan praktik dengan menggunakan alat dan bahan yang tersedia
    3. Mengajukan pengadaan alat dan bahan praktik ke pihak sekolah
    4. Meminta peserta didik untuk menonton video terkait praktik tersebut

    7. Bu Anita seorang guru Matematika SD. Pada modul ajar yang didapatkan dari Platform Merdeka Mengajar, Bu Anita sangat tertarik dengan aktivitas peserta didik dalam menghitung volume bangun ruang. Namun di sekolah Bu Anita, alat peraga bangun ruang yang dibutuhkan belum tersedia, yang tersedia hanya alat peraga bangun datar dengan jumlah yang cukup banyak....

    Langkah yang dapat dilakukan Bu Anita agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan pada modul ajar tersebut adalah ...
    1. Melakukan modifikasi pada tujuan pembelajaran
    2. Melakukan modifikasi pada alat dan bahan praktik
    3. Melakukan modifikasi pada langkah pembelajaran
    4. Melakukan modifikasi pada modul ajar secara keseluruhan
    8. Berikut merupakan peran media ajar dalam proses pembelajaran yang berpusat pada murid, kecuali ...
    1. Meningkatkan pemahaman murid
    2. Membuat pelajaran menjadi lebih menarik dan efektif
    3. Jika sesuai minat murid, akan meningkatkan murid dalam motivasi belajar
    4. Untuk menggantikan guru mengajar siswa tanpa perlu berinteraksi lagi
    5. Pemilihan media yang sesuai dengan tingkat kompetensi murid dapat membantu guru merancang pembelajaran berdiferensiasi yang sesuai kebutuhan murid

Modul 3
Refleksi dalam Pembelajaran SMP-SMA/SMK

Refleksi Dalam Pembelajaran

  • Latihan Pemahaman
    1. Berikut hal yang bisa dilakukan untuk memfasilitasi murid dalam berefleksi, kecuali ? ...
    1. Memberikan pertanyaan tambahan yang memandu
    2. Meminta semua murid menunjukkan hasil relfeksinya
    3. Menyesuaikan pertanyaan sesuai fase kemampuan murid
    4. Menciptakan suasana yang nyaman
    2. Murid di fase D diharapkan dapat melakukan refleksi untuk hal yang berkaitan dengan karir yang akan dipilihnya nanti.
    1. Benar
    2. Salah
  • Cerita Reflektif

    Setelah mempelajari materi ini, saya menyadari beberapa tantangan yang akan dihadapi saat melakukan refleksi di SMP, SMA/K, yaitu....... Oleh karena itu, saya akan melakukan........

    Siswa belum terbiasa melakukan refleksi, sehingga siswa belum berani dan nyaman dalam berbicara, menjawab dan mengekspresikan dirinya. Oleh karena itu saya akan melakukan pengembangan diri untuk mengatasinya, seperti berdiskusi dengan teman sejawat.
 Post Test
    1. Bu Indah adalah seorang guru SMA. Beliau sudah menyusun dan menyiapkan beberapa pertanyaan untuk melakukan refleksi pembelajaran, tetapi salah satu muridnya bernama Rendra belum dapat melakukan refleksi dengan mendalam karena belum terbiasa melakukan refleksi. Salah satu cara yang bisa Bu Indah lakukan untuk memfasilitasi Rendra berefleksi adalah ...
    1. Mengulangi pertanyaan agar dapat dimengerti oleh Rendra
    2. Membiarkan karena hanya satu orang yang tidak melakukan refleksi
    3. Memberikan pertanyaan tambahan yang memandu
    4. Memberikan kesempatan Rendra melakukan refleksi lain waktu
    5. Memanggilnya ke depan kelas untuk melakukan refleksi sendiri
    2. Bu Dita seorang guru SMK. Pada akhir proses pembelajaran, beliau mengajak peserta didik untuk melakukan refleksi. Dalam proses refleksi, Bu Dita meminta peserta didik untuk bisa berbagi hasil refleksi, namun ketika salah satu peserta didik sedang berbagi, ada peserta didik lain yang asik berbicara dengan teman disebelahnya mengomentari tentang hasil refleksi temannya. Berikut ini yang perlu dilakukan oleh Bu Dita adalah ...
    1. Menunjuk kedua peserta didik tersebut untuk menyampaikan hasil refleksi.
    2. Mengajak peserta didik untuk kembali melihat kesepakatan kelas mengenai menghargai orang lain.
    3. Mengingatkan bahwa semua peserta didik akan diminta untuk menyampaikan hasil refleksi.
    4. Meminta peserta didik untuk berhenti berbagi dan menuliskan hasil refleksi di catatan pribadi masing-masing.
    3. Di bawah ini yang termasuk pertanyaan Refleksi adalah ...
    1. Kapan kamu akan pulang ?
    2. Bagian mana yang menyenangkan dari pembelajaran ini ?
    3. Apa saja hasil karyamu dalam pembelajaran ini ?
    4. Apa yang sedang kamu kerjakan saat ini ?
    4. Perhatikan pertanyaan berikut ini :
    (1) Apa saja yang kamu ketahui tentang materi ini sebelumnya?
    (2) Bagaimana perasaan kamu tentang pembelajaran hari ini?
    (3) Tahapan apa yang kamu lalui untuk menghasilkan tugas/projek ini?
    (4) Bagian mana dari pembelajaran hari ini yang kamu sukai?
    (5) Apa yang ingin kamu tingkatkan?

    (6) Jika ada satu kesempatan untuk mengubah, apa yang ingin kamu ubah dari proyek ini?

    Pertanyaan di atas yang KURANG TEPAT untuk mengajak peserta didik berefleksi dengan melihat kedepan terkait pengalaman belajar yang sudah di alami adalah ...
    1. 1 dan 2
    2. 3 dan 4
    3. 5 dan 6
    4. 1 dan 3
    5. Perhatikan beberapa pertanyaan berikut ini :
    (1) Saya paling puas saat berhasil melakukan ….
    (2) Cara yang paling membantu saya dalam memahami topik ini adalah ….
    (3) Saya masih perlu belajar lagi saat melakukan ….
    (4) Target saya pada pembelajaran selanjutnya adalah ….

    (5) Saat belajar minggu ini, saya berhasil melakukan ….

    Pertanyaan yang tidak tepat ditanyakan saat refleksi bersama murid fase A adalah ...
    1. 1 dan 2
    2. 3 dan 5
    3. 2 dan 4
    4. 2 dan 5
    5. 1 dan 4
    6. Berikut ini yang TIDAK dilakukan pendidik ketika meminta peserta didik untuk melakukan Refleksi adalah . . . .
    1. Merancang pertanyaan refleksi sesuai dengan fase pemahaman peserta didik
    2. Menciptakan suasana yang nyaman bagi peserta didik untuk berefleksi
    3. Meminta semua peserta didik untuk menyampaikan/menunjukkan hasil refleksinya
    4. Menyiapkan beberapa pertanyaan pemandu refleksi bagi peserta didik

Aksi Nyata

Setelah Ibu dan Bapak menyelesaikan tahapan di atas, tugas selanjutnya adalah membuat Aksi Nyata. Untuk selanjutnya silakan Ibu dan Bapak login ke PMM untuk melihat beberapa pilihan dan deskripsi lengkap Aksi Nyata pada topik ini, atau klik di SINI

Ditulis Oleh : Sodikin Sc | My Haka Blog

Terima kasih Anda telah membaca artikel yang berjudul Kunci Jawaban Pelatihan Mandiri PMM Topik Perencanaan Pembelajaran SMA/SMK/Paket C, Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan berguna untuk Anda. Kritik dan saran silahkan kirim melalui kotak komentar di bawah ini. Jangan lupa share jika dirasa bermanfaat ....

:: Thank you for visiting ! ::

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Kunci Jawaban Pelatihan Mandiri PMM Topik Perencanaan Pembelajaran SMA/SMK/Paket C"

Post a Comment

Budayakan komentar yang santun yah Gaes

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2