Latihan Soal Pretes Modul Evaluasi Pembelajaran PPG PAI

Daftar isi [Buka]
Pretes Modul Evaluasi Pembelajaran

My HAKA Blog. Setelah sebelumnya Admin nge-post unduh modul lengkap PPG PAI dan Anda sudah mengunduhnya, selanjutnya dalam artikel ini, Admin akan membagikan latihan soal pretes modul Evaluasi Pembelajaran PPG PAI. 

Soal-soal tersebut hanyalah sebatas untuk latihan guna mengukur pengetahuan awal mahasiswa tentang modul yang akan dipelajarinya, bukan untuk di hafal karena soal-soal pretes pada kegiatan PPG tahun berjalan belum tentu sama.

Perlu diketahui, bahwa setiap mahasiswa akan memulai pembelajaran modul-modul pendalaman materi (Modul Pedagogik dan Profesional) pada laman LMS PPG, maka mahasiswa akan dihadapkan dengan sejumlah soal-soal pretes sebelum mahasiswa dapat mengunduh modul tersebut.

Kabar gembiranya adalah bahwa soal pretes tidak termasuk dalam perhitungan ketuntasan nilai tiap modul (KKM 70). Jadi, sekali lagi, hanya sebatas untuk mengukur diri kemampuan awal pengetahuan mahasiswa. Namun tidak ada salahnya, soal-soal berikut dapat dijadikan bahan latihan awal terkait dengan tujuan pretes tersebut

Latihan Soal Pretes Modul

1. Tujuan pembelajaran remedial adalah ....
  1. Meningkatkan semangat dan prestasi belajar
  2. Menambah motivasi dalam proses pembelajaran
  3. Membantu mengatasi kesulitan belajar peserta didik melalui perlakuan pengajaran.
  4. Mempermudah penilaian pembelajaran peserta didik
  5. Memperbaiki nilai agar lebih baik dari sebelumnya
C

2. Pembelajaran remedial adalah ...
  1. Suatu kegiatan untuk memahami dan meneliti dengan cermat mengenai berbagai kesulitan peserta didik dalam belajar
  2. Kegiatan identifikasi kebutuhan peserta didik
  3. Kegiatan pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik yang telah mencapai dan atau melampaui KKM
  4. Kegiatan mendapatkan skor yang sama atau di atas skor minimal
  5. Kegiatan penuntasan pada kompetensi dasar tertentu pada mata pelajaran tertentu
A

3. Suatu tahap dimana guru harus memikirkan tentang perbaikan dan penyempurnaan proses pembelajaran, disebut tahap ...
  1. Implementasi
  2. Orientasi
  3. Motivasi
  4. Evaluasi
  5. Tindak lanjut
E

4. Jika penentuan nilai menitikberatkan kepada kemampuan peserta didik setelah menyelesaikan satu atau beberapa pokok bahasan, maka pendekatan yang digunakan adalah ...
  1. Pendekatan acuan norma
  2. Pendekatan acuan patokan
  3. Pendekatan gabungan
  4. Pendekatan relative
  5. Pendekatan individual
B

5. Melakukan analisis butir soal, dilakukan setelah ...
  1. Menulis soal
  2. Menyusun spesifikasi tes
  3. Melakukan uji coba tes
  4. Menelaah soal tes
  5. Memperbaiki tes
C

6. Analisis butir soal yaitu ...
  1. Kegiatan menganalisis butir dari taraf sukar, daya beda, fungsi distractor
  2. Kegiatan merakit butir-butir soal menjadi satu kesatuan, sehingga menjadi satu alat ukur instrumen final
  3. Kegiatan menulis soal sesuai dengan indikator kisi-kisi, indikator sesuai dengan kompetensi dasar
  4. Kegiatan memperbaiki soal-soal yang diamati terdapat kekurangan
  5. Kegiatan merakit butir-butir soal sesuai instrumen penilaian
A

7. Penilaian pembelajaran pada aspek kognitif hendaknya memenuhi kriteria : C1-Pengetahuan, C2-Pemahaman, C3-Aplikasi, C4-Analisis, C5-Evaluasi, C6-Kreasi. Untuk kategori yang termasuk keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah  ...
  1. C1 dan C2
  2. C2 dan C3
  3. C4 dan C5
  4. C3, C4, C5 dan C6
  5. C4, C5, dan C6
E

8. Berpikir kritis dan analitis merupakan ciri-ciri dari  ...
  1. LOTS dan MOTS
  2. MOTS dan HOTS
  3. HOTS
  4. MOTS
  5. LOTS
C

9. Definisi dari penilaian authentic adalah ...
  1. Bentuk penilaian yang menghendaki peserta didik menampilkan sikap, menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari pembelajaran dalam melakukan tugas pada situasi sesungguhnya
  2. Proses memberikan atau menentukan bentuk kualitatif kepada atribut atau karakteristik seseorang, kelompok atau obyek berdasarkan suatu kriteria tertentu dalam rangka menafsirkan hasil pengukuran sehingga tampak jelas posisi atau keadaannya
  3. Kegiatan atau proses untuk menentukan sampai sejauh mana kegiatan pembelajaran telah mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan atau dapat diartikan pula sebagai suatu tindakan atau suatu proses untuk menentukan nilai dari hal-hal yang berkaitan dengan pembelajaran dan yang berakhir dengan pengambilan keputusan
  4. Kegiatan yang dilakukan untuk mengukur sesuatu, yakni membandingkan sesuatu dengan kriteria/ ukuran tertentu atau proses pemasangan fakta-fakta suatu obyek ukur dengan satuan-satuan ukuran tertentu
  5. Kegiatan pengukuran dimensi metakognitif, tidak sekedar mengukur dimensi fakual, konseptual dan prosedural
A

10. Berikut ini bukan termasuk fungsi penilaian hasil belajar, yaitu  ...
  1. penempatan
  2. formatif
  3. kesesuaian
  4. diagnotif
  5. sumatif
C

11. Yang bukan termasuk penggolongan tes berdasarkan fungsinya sebagai alat pengukur perkembangan peserta didik, yaitu  ...
  1. tes seleksi
  2. tes akhir
  3. tes diagnotif
  4. tes formatif
  5. psikotes
E

12. Kegiatan yang dilakukan untuk mengukur sesuatu, yakni membandingkan sesuatu dengan kriteria ukuran tertentu atau proses pemasangan fakta-fakta suatu obyek ukur dengan satuan-satuan tertentu, disebut ...
  1. evaluasi
  2. penilaian
  3. scoring
  4. pengukuran
  5. tes
D

Ditulis Oleh : Sodikin Sc | My Haka Blog

Terima kasih Anda telah membaca artikel yang berjudul Latihan Soal Pretes Modul Evaluasi Pembelajaran PPG PAI, Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan berguna untuk Anda. Kritik dan saran silahkan kirim melalui kotak komentar di bawah ini. Jangan lupa share jika dirasa bermanfaat ....

:: Thank you for visiting ! ::

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Latihan Soal Pretes Modul Evaluasi Pembelajaran PPG PAI"

Post a Comment

Budayakan komentar yang santun yah Gaes

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2