LKPD PAI SMK Nikmatnya Mencari ilmu dan Indahnya Berbagi Pengetahuan

Daftar isi [Buka]

LKPD PAI SMK


Kompetensi Dasar

Menganalisis semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama

Tujuan LKPD

Menguraikan makna semangat menuntut ilmu, menerapkan, dan menyampaikannya kepada sesama

Pengantar

Pada pertemuan sebelumnya, Anda sudah mempelajari tentang materi tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan, dan menyampaikan-nya kepada sesama. (Pertemuan ke 1) (Pertemuan ke 2)

Guna memperdalam pokok bahasan, kerjakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berikut

Cermati Wacana Berikut

Ilmu adalah cahaya kehidupan. Ilmu ibarat cahaya yang menyinari dalam kegelapan yang menunjukkan arah menuju jalan yang ditempuh. Tanpa ilmu seseorang akan tersesat jauh ke dalam jurang kebodohan. Dengan ilmu pengetahuan jarak yang jauh terasa dekat, waktu yang lama terasa singkat, pekerjaan yang berat menjadi ringan. 

Dengan ilmu manusia memperoleh segala yang ia cita-citakan. Ilmu adalah sumber kehidupan. Alam raya yang Allah Swt. ciptakan ini, penuh dengan berbagai macam rahasia yang dikandungnya. Bumi, langit, laut, dan yang ada di sekitarnya adalah bagian dari alam raya yang harus dimanfaatkan untuk kepentingan bersama. 

Bagaimana dapat mengetahui rahasia yang ada di perut bumi, di dalam lautan, dan di ruang angkasa jika tidak melalui ilmu pengetahuan? Oleh karena itu, sungguhlah tepat Allah Swt. menjadikan manusia sebagai wakil-Nya di muka bumi ini, karena manusia memiliki potensi pengetahuan untuk mengelola, mengurus, dan memanfaatkan alam raya yang Allah Swt. ciptakan. 

Agama Islam memandang bahwa ilmu pengetahuan adalah hal yang sangat penting. Orang-orang yang memiliki pengetahuan, Allah Swt. menjanjikan dengan derajat yang tinggi di sisi-Nya, apalagi di sisi manusia lainnya. 

Demikian pula Rasulullah saw. yang menganjurkan setiap umat Islam agar menuntut ilmu setinggi-tingginya. Rasulullah Saw. menyatakan bahwa orang-orang yang menuntut ilmu sama besar pahalanya dengan orang yang berjihad di jalan Allah Swt. Bahkan Rasululloh saw. memerintahkan agar menuntut ilmu tidak hanya dilakukan di negeri terdekat saja, tetapi juga memerintahkan mencari ilmu walau harus dengan jarak yang sangat jauh.

Carilah ilmu hingga ke Negeri Cina". Demikian sabdanya sebagai motivasi kepada umat Islam untuk selalu bersemangat dalam menuntut ilmu.




Tugas / Aktifitas

  • Carilah 1 tokoh Islam (ilmuwan muslim) yang memiliki keahlian dalam ilmu pengetahuan di berbagai bidang. Sumber belajar/ bacaan dapat dicari di internet
  • Tulis hasil tanggapan Anda pada selembar kertas dan dikumpulkan pada pertemuan Minggu depan
  • Hasil tanggapan setidaknya memuat : Nama ilmuwan, Biografi Singkat, dan Bidang Keahlian / Hasil Penemuan
  • Jangan lupa tulis nama siswa dan kelasnya

Selamat Mengerjakan ....

Ditulis Oleh : Sodikin Sc | My Haka Blog

Terima kasih Anda telah membaca artikel yang berjudul LKPD PAI SMK Nikmatnya Mencari ilmu dan Indahnya Berbagi Pengetahuan, Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan berguna untuk Anda. Kritik dan saran silahkan kirim melalui kotak komentar di bawah ini. Jangan lupa share jika dirasa bermanfaat ....

:: Thank you for visiting ! ::

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "LKPD PAI SMK Nikmatnya Mencari ilmu dan Indahnya Berbagi Pengetahuan"

Post a Comment

Budayakan komentar yang santun yah Gaes

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2