UJIAN KOMPREHENSIF PPG PAI ONLINE

Daftar isi [Buka]
ujian komprehensif ppg

Dalam pelaksanaan PPG PAI, setelah mahasiswa mengikuti kegiatan Peer Teaching, kegiatan selanjutnya adalah Ujian Komprehensif

Dalam kegiatan ini, mahasiswa akan di uji secara lisan tentang kemampuan pedagogik dan profesional. Tak jarang yang merasa gugup bercampur rasa tak percaya diri. Untuk itu perlu persiapan yang mantap dan matang baik secara mental maupun pengetahuan materi yang dapat dipahami dari rubrik penilaian ujian komprehensif. 

Lalu, seperti apa teknis pelaksanaan Ujian Komprehensif PPG PAI Online 2021 ? Berikut gambaran umumnya.

Gambaran Umum

  1. Ujian Komprehensif PPG PAI 2021, secara teknis mirip dengan kegiatan sebelumnya, yakni Peer Teaching.
  2. Ada dua komponen utama yang akan dinilai dari mahasiswa oleh dua orang dosen, yaitu; 1) cuplikan praktek pembelajaran (online) yang akan dilakukan oleh mahasiswa, dan 2) uji komprehensif secara lisan.
  3. Rubrik Penilaian untuk kedua komponen tersebut kami lampirkan bersama deskripsi pelaksanaan Ujian Komprehensif pada bagian bawah ini.
  4. Untuk komponen penilaian pertama, mahasiswa melakukan praktek mengajar yang siswanya adalah teman-teman sekelasnya secara online dengan durasi 15 menit. Ikut hadir juga dalam virtual meeting atau pembelajaran online itu 2 orang dosen yang akan memberikan penilaian.
  5. Setelah praktek mengajar selama 15 menit, mahasiswa akan diuji secara lisan oleh 2 orang Dosen terkait dengan aspek teoritis dari semua yang telah dibuat oleh Mahasiswa (RPP dan perangkat pembelajaran pendukungnya), selama 30 menit (masing-masing Dosen menguji selama 15 menit).
  6. Oleh karena itu, mahasiswa harus mengupload 3 RPP terbaiknya sebelum ujian komprehensif dilaksanakan, di LMS Modul Ujian Komprehensif. 3 RPP tersebut semuanya akan dinilai oleh kedua orang Dosen Penilai. Dari 3 RPP tersebut, Mahasiswa menandai 1 RPP yang akan digunakan dalam praktek mengajarnya dalam rangka Ujian Komprehensif. 
  7. Ujian Komprehensif dilaksanakan selama 3 hari dengan jadwal kelompok yang dibuat oleh Dosen Penilai.
  8. Informasi tentang siapa saja mahasiswa yang diuji komprehensif di hari ke-1, ke-2, dan hari ke-3, dituangkan dalam Kontrak Belajar yang dibuat oleh Dosen 1 dan diupload di LMS Modul Ujian Komprehensif. 
  9. Dosen 1 juga melakukan ploting/ pengelompokkan mahasiswa yang tampil di hari ke-1, ke-2, dan di hari ke-3. Ploting tersebut dilakukan di LMS Modul Uji Komprehensif.
  10. Selain itu, Dosen 1 juga memilih media yang akan digunakan dalam Ujian Komprehensif, apakah “Jitsi”, “Zoom”, atau “Google Meet”. Pemilihan media tersebut dilakukan di LMS Modul Ujian Komprehensif.
  11. Penilaian oleh Dosen 1 dan Dosen 2 dilakukan melalui 2 tahapan, yaitu; 1) memberikan nilai secara rinci pada blanko rubrik penilaian (blanko/rubrik terlampir di bawah), dan 2) menuangkan/ mencantumkan total akumulasi nilai yang ada di blanko ke dalam fitur penilaian di LMS Modul Peer Teaching

Rubrik Penilaian Ujian Komprehensif

Berikut ini rubrik penilaian ujian komprehensif PPG PAI Online tahun 2021. Dengan memahaminya, diharapkan mahasiswa dapat mengetahui apa dan bagaimana persiapan yang perlu di lakukan sebelum pelaksanan ujian. Semoga manfaat

Ditulis Oleh : Sodikin Sc | My Haka Blog

Terima kasih Anda telah membaca artikel yang berjudul UJIAN KOMPREHENSIF PPG PAI ONLINE, Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan berguna untuk Anda. Kritik dan saran silahkan kirim melalui kotak komentar di bawah ini. Jangan lupa share jika dirasa bermanfaat ....

:: Thank you for visiting ! ::

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "UJIAN KOMPREHENSIF PPG PAI ONLINE"

Post a Comment

Budayakan komentar yang santun yah Gaes

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2