IHT SINKRONISASI KURIKULUM SMK ISTEK TEGAL DENGAN DUDI

Daftar isi [Buka]
IHT SMK ISTEK

Alhamdulillah, IHT (In House Training) Sinkronisasi Kurikulum SMK ISTEK Tegal dengan DUDI (Dunia Usaha/Dunia Industri) pasangan yang dilaksanakan pada hari Senin, 08 Maret 2020 berjalan dengan lancar dan baik. Acara ini dilaksanakan sebagai persiapan memasuki tahun ajaran baru 2020/2021. Acara ini di hadiri oleh Pengurus Yayasan Raudhatul Ulum, Kepala Sekolah, Pengawas SMK Kota Tegal, DUDI dan segenap dewan guru SMK ISTEK Tegal. 

Acara dibuka dengan pembacaan Basmallah yang dipimpin oleh MC Mrs. Yeni Kusuma Ningrum, S.Pd dan diikuti oleh peserta, dilanjut dengan sambutan Panitia Pelaksana, yakni Bapak Indra Setiawan, S.T. Dalam sambutannya, Ketua Pelaksana menyampaikan maksud dan tujuan acara IHT dilaksanakan, yakni agar guru mendapatkan pencerahan tentang informasi-informasi pendidikan dan memahami apa itu sinkronisasi kurikulum kejuruan dengan tuntutan DUDI

Bapak Khozinatul Asrori, S.Pd.I selaku Pengurus Yayasan Raudhatul Ulum dalam kesempatan sambutan pengarahannya juga menyampaikan hal-hal penting dlm acara tersebut, di antaranya adalah pentingnya keseimbangan antara penguasaan teknologi dengan kematangan perilaku/akhlak karimah. "Apalah gunanya siswa hanya diajari teknologi, namun tidak dibekali akhlak yang baik", sambutnya. "Untuk itu, semua guru harus bergandengantangan dalam mewujudkan lulusan yang kompeten dalam teknologi dan juga unggul dalam keberakhlakan", imbuhnya.

Dalam kesempatan yang lain, Sodikin Sc selaku Kepala Sekolah juga menyampaikan akan urgensinya acara IHT agar bisa dilaksanakan secara rutin menjelang awal tahun ajaran baru. Dalam sambutannya, KS juga menyampaikan bahwa, "guru harus mampu menjawab tantangan kemajuan zaman dengan cara terus melakukan upgrade keilmuan. Dan diharapkan acara ini tidak hanya berhenti di sini, namun harus ditindaklanjuti dalam rapat-rapat kecil kejuruan untuk membahas lebih jauh bagaimana teknis sinkronisasi kurikulum kejuruan dengan tuntutan DUDI dalam proses penjadwalan dan pembelajarannya. Demikian, imbuhnya.

Dalam acara ini, juga disampaikan materi teknis penyusunan Dokumen E-KTSP. Sesi ini disampaikan langsung oleh Bapak Sudirman, MT selaku Koordinator Pengawas SMK Kota Tegal. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa di Dinas Pendidikan Jawa Tengah untuk jenjang SMK, penyusunan dan pengesahan dokumen kurikulum dilakukan secara digital yakni melalui alamat https://neraca.pdkjateng.go.id/ektsp

Hal yang terpenting dalam acara ini adalah kehadiran nara sumber dari pihak DUDI pasangan, yakni Nasmoco Tegal untuk Jurusan TKRO dan Biznet Tegal untuk Jurusan TKJ. Masing-masing Nara sumber prinsipnya menyampaikan hal yang sama bahwa Satuan Pendidikan harus mampu melakukan pendekatan dan kerjasama dengan DU/DI untuk beberapa tujuan, diantaranya sinkronisasi kurikulum kejuruan dengan DU/DI, magang guru, pelatihan guru, dan guru tamu di sekolah. Harapannya, dengan adanya kerjasama tersebut, akan meningkatkan profesionalitas guru dan meningkatkan skill siswa/lulusan serta terbukanya keterserapan lulusan di DU/DI

Acara dilanjutkan dengan bimbingan teknis pembuatan RPP sederhana sesuai Surat Edaran Mendiknas No. 14 tahun 2019 tentang Penyusunan RPP, yang booming dengan istilah RPP 1 lembar. Sesi ini di bimbing langsung oleh Bapak Arief Kusnandar, M.Pd selaku Pengawas SMK Kota Tegal. Pada sesi ini, semua guru mendapat tugas untuk membuat RPP sederhana. 

Yang menarik pada sesi ini adalah adanya perwakilan guru yang mempresentasikan hasil tugasnya. Dengan sangat piawai Pak Akbar Safarman, S.Pd yang belum lama lulus dari PPG (2019) menjelaskan hasil karya RPP sederhananya. Dengan gayanya yang khas, beliau menunjukkan kompetensinya sebagai seorang guru yang profesional. Tak kalah dengan Pak Akbar, seorang Kartini modern, Bu Eva Hadi Astanti, S.Pd, namanya, juga menyampaikan RPP sederhana hasil penugasan. Dan sebagai gong-nya, penyampaian RPP sederhana di sampaikan oleh Bapak Nur Kolil, S.Pd. Sebagai seorang guru yang sudah bersertifikat, tentu tak kalah profesionalitanya dalam menyampaikan RPP sederhananya.

Selanjutnya, pada sesi akhir acara IHT Sinkronisasi Kurikulum di tutup dengan sesi poto bersama. Berikut ini dokumentasinya :







Ditulis Oleh : Sodikin Sc | My Haka Blog

Terima kasih Anda telah membaca artikel yang berjudul IHT SINKRONISASI KURIKULUM SMK ISTEK TEGAL DENGAN DUDI, Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan berguna untuk Anda. Kritik dan saran silahkan kirim melalui kotak komentar di bawah ini. Jangan lupa share jika dirasa bermanfaat ....

:: Thank you for visiting ! ::

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

1 Response to "IHT SINKRONISASI KURIKULUM SMK ISTEK TEGAL DENGAN DUDI"

Budayakan komentar yang santun yah Gaes

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2