PPKKS SMK ISTEK 2022

Daftar isi [Buka]


Tegal. Telah dilaksanakan kegiatan PPKKS SMK ISTEK Tegal pada hari Kamis, 03 Nopember 2022. Acara dimulai dari jam 08.30 WIB sampai 13.30 WIB bertempat di ruang pertemuan. Hadir dalam kegiatan tersebut semua guru dan tenaga kependidikan.

PPKKS merupakan kependekan dari Penilaian Prestasi Kerja Kepala Sekolah. Sebuah kegiatan yang rutin dilaksanakan tiap tahun oleh Dinas Pendidikan yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana prestasi kepala sekolah dalam mengelola sekolahnya pada tahun pelajaran berjalan.

Boleh diibaratkan bahwa kegiatan PPKKS adalah Akreditasi sekolah dalam scope yasng lebih kecil, dikarenakan instrumen penilaian merujuk pada 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Pelaksanaan

Acara dibuka oleh Ibu Solati selaku pembawa acara, dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Sekolah dan Tim Penilai (Pengawas SMK), dan ditutup dengan doa oleh Bapak Solikhun, S.Pd.I.

Sambutan Kepala Sekolah

Dalam kesempatan ini, KS menyampaikan hal-hal yang terkait dengan 5 Kompetensi Kepala Sekolah, yakni kompetensi Kepribadian, Manajerial, Supervisi, Kewirausahaan dan Sosial.

"5 kompetensi Kepala Sekolah itu diibaratkan seperti sebuah bangunan yang mana semua komponen saling berhubungan dan menguatkan. Sama halnya dalam dunia pendidikan. Pun sama, semua komponen sekolah harus sinergis." Sambutnya.

Sambutan Tim Penilai

Dalam kesempatan ini, Bapak drs. Kasno, M.Pd menyampaikan dan mengingatkan kepada guru dan Tendik agar segera mengakses dan menyelesaikan tugas "Belajar Mandiri" pada platform Merdeka Mengajar (PMM). 

"Ini wajib bagi guru untuk menyelesaikan PMM agar nilai Rapor Pendidikan dapat meningkat." Sambutnya.

Cek Dokumen

Acara dilanjut dengan cek dokument oleh drs. Kasno, M.Pd dan Arief Kusnandar, M.Pd selaku tim penilai dari unsur Pengawas SMK Cabang Dinas Wilayah XI Dinas Pendidikan Jawa Tengah.

Penguatan Oleh Tim Penilai

Setelah dilakukan cek dokumen oleh Tim Penilai, acara dilanjut dengan penyampaian hasil cek dokumen yang dalam hal ini diwakili oleh Bapak drs. Kasno, M.Pd.

Beliau menyampaikan bahwa secara umum, pengelolaan manajerial dan 8 SNP sudah cukup baik. Namun ada beberapa kegiatan yang perlu dilakukan proses penguatan pada beberapa standar tertentu. Beberapa temuan tersebut telah disampaikan ke pihak sekolah yang nantinya diharapkan dapat dievaluasi kembali.

Penutup

Dalam penutupan, kepala sekolah menyampaikan terima kasih kepada Tim Penilai yang sudah melakukan penilaian dan memberikan beberapa saran / masukan.

Tak lupa, apresiasi sebesar-besarnya kepada Tim Pengembang Sekolah (TPS) yang sudah mempersiapkan dokumen penilaian PPKKS, sehingga kegiatan secara umum berjalan dengan lancar dan tertib.

Melalui kegiatan PPKKS ini, diharapkan semua komponen sekolah dapat lebih berdaya dalam mewujudkan visi sekolah yakni "Mewujudkan lulusan yang kompeten sesuai bidangnya, kompetitif dan berakhlak Karimah". Admin

Ditulis Oleh : Sodikin Sc | My Haka Blog

Terima kasih Anda telah membaca artikel yang berjudul PPKKS SMK ISTEK 2022, Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan berguna untuk Anda. Kritik dan saran silahkan kirim melalui kotak komentar di bawah ini. Jangan lupa share jika dirasa bermanfaat ....

:: Thank you for visiting ! ::

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "PPKKS SMK ISTEK 2022"

Post a Comment

Budayakan komentar yang santun yah Gaes

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2