Peringatan Maulid Nabi Muhammad 1444 H SMK ISTEK Tegal

Daftar isi [Buka]

Peringatan maulid nabi SMK 1

Tegal. Telah dilaksanakan acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H SMK ISTEK Tegal pada hari Kamis, 13 Oktober 2022. Acara berlangsung dari pukul 07.15 sampai 11.30 WIB, bertempat di halaman depan sekolah.

Tujuan Kegiatan

Tujuan utama kegiatan ini adalah menumbuhkan rasa mahabbah (cinta) Rasul dan upaya meneladani akhlak mulia Rasul dalam kehidupan.

Sebagaimana diketahui, bahwa kemajuan zaman sekarang ini, di sisi lain faktanya menjadi sebab lunturnya nilai-nilai kesalehan individu maupun kesalehan sosial, tak terkecuali di kalangan pelajar. 

Dalam konteks pendidikan formal, satuan pendidikan mengemban amanah mengembalikan nilai-nilai tersebut, salah satunya melalui beragam kegiatan penguatan karakter. Juga, diperlukan upaya tak kenal lelah dalam mewujudkan generasi bangsa yang berkemajuan dan berkarakter.

Persiapan

Kemasan acara kegiatan Maulid Nabi pada tahun ini, dibuat berbeda dibandingkan kegiatan serupa pada tahun-tahun sebelumnya. Pihak sekolah mengharapkan kegiatan ini berjalan lebih meriah agar hasil kegiatan akan lebih mengena dan bermakna sesuai tema kegiatannya, yakni "Meneladani Akhlak Rasulullah Dalam Kehidupan".

Guna mensukseskan acara, tentu segala sesuatunya perlu dipersiapkan, mulai dari rapat koordinasi kepanitiaan sampai pada setting tempat dan acara.

Tepatnya sehari sebelum pelaksanan kegiatan, semua civitas akademika SMK ISTEK Tegal dengan dibantu anggota OSIS, berkumpul bersama guna melakukan setting tempat dan menyiapkan segala perlengkapan yang dibutuhkan. Tempat perlu di setting sedemikian rupa mengingat keterbatasan lahan halaman sekolah.

Peserta Kegiatan

Kegiatan Maulid Nabi ini tidak hanya diikuti oleh para siswa, guru, dan karyawan SMK ISTEK Tegal. Panitia kegiatan juga mengundang masyarakat sekitar, diantaranya dari unsur aparatur desa/ kelurahan Kaligangsa, Ketua RT/RW, dan Kepala Sekolah dari beberapa sekolah yang ada di sekitar SMK ISTEK Tegal. Turut hadir pula pengurus Yayasan Raudhatul Ulum Tegal.

Kehadiran beberapa unsur masyarakat dalam acara diharapkan menjadi sarana terbangunnya sinergitas antara sekolah dengan masyarakat sekitar.

Pelaksanaan

Sebagai pembuka acara, dibacakan kitab Maulid Diba'i yang diiringi rebana group Adz Dzikra Al Musthofa. 

Mahalul Qiyam
Mahalul Qiyam - Peserta berdiri dengan khusu' sebagai bentuk ta'dzim kepada Rasulullah SAW

Keharuan suasana semakin terasa saat digemakan lantunan sholawat Mahalul Qiyam.  Saat itu semua peserta/ pengunjung berdiri sebagai tanda kehormatan kepada Nabi sekaligus mengharap akan syafaatnya kelak di akhirat. 

Sambutan Kepala Sekolah

Acara dilanjut dengan sambutan Kepala Sekolah (KS). Dalam kesempatan itu, KS mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak khususnya semua Civitas Akademika SMKS ISTEK Tegal yang sudah berupaya mempersiapkan segala sesuatunya untuk mensukseskan acara. Tak lupa KS mengucapkan terima kasih kepada semua tamu undangan yang turut hadir dalam acara tersebut.

KS juga berpesan bahwa kegiatan ini janganlah dijadikan semata-mata sebagai kegiatan seremoni tahunan tanpa makna.

Sambutan Kepala Sekolah
Sambutan Kepala Sekolah

Marilah, melalui kegiatan ini kita berupaya untuk mengenal lebih dekat akhlak-akhlak mulia Rasulullah dan menerapkannya dalam kehidupan kita". - sambutnya

Sambutan Pengurus Yayasan

Drs. Akhmad Dodi Subkhan selaku Ketua Yayasan Raudhatul Ulum yang menaungi SMKS ISTEK Tegal, dalam sambutannya juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Civitas Akademika SMK yang tetap melestarikan kegiatan-kegiatan keagamaan, baik yang bersifat harian, bulanan, dan tahunan.

Sambutan Pengurus Yayasan
Sambutan Ketua Pengurus YRU Tegal : Drs. Akhmad Dodi Subkhan
Diharapkan melalui kegiatan-kegiatan tersebut, lulusan SMK ISTEK Tegal, disamping menguasai teknologi juga berakhlak islami.

Lulusan SMKS ISTEK Tegal harus menjadi lulusan yang kompeten dalam teknologi yang dilandasi iman dan taqwa." - Tuturnya

Taushiyah

Pembicara utama Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini adalah Ustadzah Ufti Adenda Aulia dari Kabupaten Tegal. Beliau adalah alumni AKSI INDOSIAR tahun 2016.

Ufti Adenda Aulia
Ustadzah Ufti Adenda Aulia sedang memberikan taushiyah Maulid Nabi

Merupakan sosok dai perempuan yang memiliki kekhasan dalam gaya berceramah dan juga memiliki suara yang merdu. Sehingga, beberapa kali dalam taushiyahnya diselingi dengan lantunan sholawat yang merdu.

Beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk dilestarikan terlebih bagi kalangan remaja/ pelajar yang dalam kehidupannya acapkali mengabaikan nilai-nilai akhlak yang baik. "Untuk itu, ikutilah acara ini dengan rasa seneng (senang-red), bukan pengeng (pusing-red)". - sambutnya.

Ditambahkan, dalam menjalankan ajaran-ajaran Nabi perlu dilandasi rasa mahabbah (cinta). Cinta merupakan modal utama menjalankan ketaatan. Dengan cinta, seseorang akan siap melaksanakan perintah dengan tulus ikhlash, tanpa beban. Bahkan sebab cinta, seseorang siap menjadi pelayan setia yang dicintai.

Dikatakan, barangsiapa yang mencintai sesuatu, maka dia akan menjadi budaknya". - Sambutnya

Kalau terhadap manusia biasa kita bisa demikian, maka sudah seharusnya sikap demikian  juga berlaku dalam pengakuan kita akan kecintaan kepada Rasulullah yang memiliki kesempurnaan akhlak. Cinta kita kepadanya harus terus dipupuk agar tumbuh subur dalam hati, sehingga tak ada beban dalam menjalankan ajaran-ajaran agama.

Doa Penutup

Rangkaian acara demi acara ditutup dengan pembacaan doa oleh KH. Khazinatul Asrori, S.Pd.I selaku Pembina Yayasan Raudhatul Ulum Tegal.

Maulid Nabi
Doa Penutup oleh KH. Khazinatul Asrori, S.Pd.I (Pembina Yayasan)

Akhir Kata

Banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari kegiatan Maulid Nabi ini. Salahsatunya adalah meneladani akhlak mulia Rasulullah SAW dan menerapkannya dalam kehidupan keseharian kita. Admin

Dokumentasi

channel smk istek tegal instagram smk istek

Dokumentasi Poto

Ditulis Oleh : Sodikin Sc | My Haka Blog

Terima kasih Anda telah membaca artikel yang berjudul Peringatan Maulid Nabi Muhammad 1444 H SMK ISTEK Tegal, Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan berguna untuk Anda. Kritik dan saran silahkan kirim melalui kotak komentar di bawah ini. Jangan lupa share jika dirasa bermanfaat ....

:: Thank you for visiting ! ::

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Peringatan Maulid Nabi Muhammad 1444 H SMK ISTEK Tegal"

Post a Comment

Budayakan komentar yang santun yah Gaes

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2