Perkemahan Tamu Penegak Ambalan NYI Ageng Serang SMK ISTEK Tegal

Daftar isi [Buka]

Perkemahan SMK istek tegal

SMK ISTEK Tegal. Telah dilaksanakan Perkemahan Cipta Taruna Tunas Muda Ke-XVI Ambalan Cipto Mangunkusumo "Nyi Ageng Serang" Pangkalan SMKS ISTEK Tegal pada hari Kamis-Sabtu, 04-06 Agustus 2022 yang bertempat di Lapangan Batalion Infrantri Yon Zipur IV Slawi, dengan tema kegiatan : Jadilah Tunas Muda Yang Berguna Bagi Nusa dan Bangsa. Secara umum, kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar yang diikuti oleh semua siswa kelas X-XII. 

Dampak Pandemi Covid-19

Sebagaimana diketahui, bahwa sejak Maret 2020, Indonesia dalam masa pandemi Covid-19 yang berdampak pada semua sektor kehidupan, tanpa terkecuali sektor pendidikan. Selama pandemi, pembelajaran dilaksanakan secara daring/ PJJ. Gelora kegiatan ekstrakuler juga meredup seiring penerapan PJJ. 

Satu sisi kita sekarang hidup dalam kemajuan teknologi. Semua serba digitalisasi. Namun, satu hal sebagai dampak pembelajaran PJJ dengan memanfaatkan platform online sebagai LMS (Learning Management System) satuan pendidikan tampak kualahan dalam pemautauan penguatan pendidikan karakter. Kondisi inilah yang menjadikan tiap satuan pendidikan berupaya keras dalam menanamkan dan menumbuhkan kembali nilai-nilai karakter pada peserta didik.

Angin Segar Pembelajaran

Tahun pelajaran 2022/2023 dunia pendidikan kembali mendapatkan ruhnya, saat pemerintah melalui Kemendikbudristek RI memperbolehkan satuan pendidikan untuk melaksanakan pembelajaran secara luring/ tatap muka dengan tetap mempedomani aturan pembelajaran luring/ tatap muka dimasa new normal.

Kebijakan tersebut tentu disambut baik oleh tiap satuan pendidikan untuk berupaya mengembalikan semangat belajar dan membangkitkan kembali karakter peserta didik, salahsatunya adalah dengan kembali menghidupkan kegiatan ekstrakurikuler yang selama masa pandemi tidak berjalan efektif.

Sambutan Kepala Sekolah

Kegiatan perkemahan ini dibuka langsung oleh Kepala SMK ISTEK Tegal pada hari Kamis, 04 Agustus 2022, pukul 09.30 wib. Dalam sambutannya disampaikan beberapa point penting diantaranya, bahwa melalui kegiatan perkemahan para tamu penegak akan mendapatkan pengalaman dan pembelajaran langsung yang tentunya bermanfaat dalam kehidupan keseharian baik di lingkungan sekolah, keluarga maupun masyarakat. "Jadilah kalian sebagai tunas yang berguna bagi Nusa dan Bangsa", demikian sambutnya.

Pengukuhan Tamu Ambalan penegak

Ditambahkan, bahwa dalam upaya mewujudkan lulusan yang berkarakter, satuan pendidikan akan berupaya menyelenggarakan berbagai kegiatan dan program untuk penguatan karakter peserta didik. "Dunia usaha sangat membutuhkan tenaga kerja yang berkarakter. Dibutuhkan i'tikad kuat untuk mewujudkannya", demikian tambahnya.

Materi Kegiatan 

Kegiatan Perkemahan yang dilaksanakan selama 3 hari boleh dibilang sangat padat. Selain materi-materi kepramukaan, peserta juga mendapatkan materi tambahan seperti: Materi Narkoba, Bela Negara, PBB, dan Keorganisasian. 

Materi-materi kegiatan tersebut, diharapkan menjadi bekal pembelajaran langsung yang sangat bermanfaat dan mampu membangkitkan soft skill peserta. Soft skill peserta didik mutlak dibutuhkan, terlebih saat mereka lulus dan bekerja. Dunia kerja dewasa ini bahkan lebih cendurung mengutamakan soft skill daripada hard skill. 

Untuk itu, disamping mengenalkan materi kepramukaan, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mewujudkan impian mewujudkan VISI SMK ISTEK yakni menghasilkan lulusan yang berkarakter, Berkompeten dan Berdaya Saing, dapat terwujudkan.

Akhir Kata 

Terima kasih Kami ucapkan kepada semua pihak yang ikut berpartisipasi langsung dalam mensukseskan kegiatan Perkemahan Cipta Taruna Tunas Muda IV tahun 2022. Salam kompak ..... Sukses selalu untuk SMK ISTEK Tegal. Admin

Ditulis Oleh : Sodikin Sc | My Haka Blog

Terima kasih Anda telah membaca artikel yang berjudul Perkemahan Tamu Penegak Ambalan NYI Ageng Serang SMK ISTEK Tegal, Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan berguna untuk Anda. Kritik dan saran silahkan kirim melalui kotak komentar di bawah ini. Jangan lupa share jika dirasa bermanfaat ....

:: Thank you for visiting ! ::

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Perkemahan Tamu Penegak Ambalan NYI Ageng Serang SMK ISTEK Tegal"

Post a Comment

Budayakan komentar yang santun yah Gaes

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2