PERINTAH PERSAUDARAAN DALAM ISLAM

Daftar isi [Buka]

 

peesaudaraan


Menjalin persaudaraan merupakan syarat mutlak dari keutuhan sebuah komunitas. Semua agama mengajarkan pentingnya persaudaraan. Tak terkecuali dalam Islam. Banyak ayat al-Quran dan Hadis Nabi yang menekankan betapa pentingnya nilai-nilai persaudaraan. Membangun persaudaraan antar sesama, terlebih sesama muslim merupakan amal taqarrub kepada Allah. Lalu bagaimana pandangan Islam tentang persaudaraan ? atau yang di sebut dengan ukhuwah ?


A. Arti Persaudaraan (Ukhuwah)

Persaudaraan (ukhuwwah) dalam Islam dimaksudkan bukan sebatas hubungan kekerabatan karena faktor keturunan, tetapi yang dimaksud dengan persaudaraan dalam Islam adalah persaudaraan yang diikat oleh tali aqidah (sesama muslim) dan persaudaraan karena fungsi kemanusiaan (sesama manusia makhluk Allah Swt.). Kedua persaudaraan tersebut sangat jelas dicontohkan oleh Rasulullah saw., yaitu mempersaudarakan antara kaum Muhajirin dan kaum Anșhar, serta menjalin hubungan persaudaraan dengan suku-suku lain yang tidak seiman dan melakukan kerja sama dengan mereka.

B. Ayat al-Qur’ān dan Hadis Nabi Tentang Persaudaraan (Ukhuwah)

QS. Al-Hujurat : 10 : Tentang Persaudaraan

إِنَّمَا ٱلْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا۟ بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

"“Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat.”

". (Al-Hujurat : 10)

Pada ayat di atas Allah Swt. menegaskan ada dua hal pokok yang perlu diketahui. Pertama, bahwa sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara. Kedua, jika terdapat perselisihan antarsaudara, kita diperintahkan oleh Allah swt. untuk melakukan iślah (upaya perbaikan atau perdamaian). 


Hadis Nabi Tentang Persaudaraan

Indikasi dari suatu persaudaraan, disebutkan dalam Hadis Rasulullah saw. :“Demi Allah yang menguasai diriku! Seseorang di antara kalian tidak dianggap beriman kecuali jika dia menyayangi saudaranya sesama mukmin sama seperti dia menyayangi dirinya sendiri.” (H.R. Bukhari) 

Selain itu Rasulullah saw. juga menegaskan, “Seorang muslim adalah orang yang lidah dan tangannya tidak menyakiti muslim lain, dan orang yang berhijrah adalah orang yang meninggalkan semua larangan Allah.” (H.R. Bukhari)

Rasulullah juga bersabda:

مَثَلُ الْمُؤْمِنِينَ فِي تَوَادِّهِمْ وَتَرَاحُمِهِمْ وَتَعَاطُفِهِمْ مَثَلُ الْجَسَدِ؛ إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى

Perumpamaan orang-orang mukmin dalam saling mencintai, saling mengasihi, dan saling menyayangi, seperti satu tubuh. Apabila satu organ tubuh merasa sakit, akan menjalar kepada semua organ tubuh, yaitu tidak dapat tidur dan merasa demam.” (H.R. Muslim)


D. Contoh Penerapan Perilaku Persaudaraan (Ukhuwah)

  1. Menjenguk/ mendoakan/ membantu teman/ orang lain yang sedang sakit atau terkena musibah.
  2. Mendamaikan teman atau saudara yang berselisih agar mereka sadar dan kembali bersatu.
  3. Bergaul dengan orang lain dengan tidak memandang suku, bahasa, budaya, dan agama yang dianutnya.
  4. Menghindari segala bentuk permusuhan, tawuran, ataupun kegiatan yang dapat merugikan orang lain.
  5. Menghargai perbedaan suku, bangsa, agama, dan budaya teman/orang lain.

E.  Penugasan

Sebelum mengerjakan tugas di bawah ini, pastikan Anda sudah mengisi Absen di kolom komentar postingan materi ini !!!

Berikan contoh perilaku yang mencerminkan nilai-nilai persaudaraan yang ada di lingkungan Anda. Minimal 2 contoh yah (selain contoh-contoh yang ada pada Point D pada penjelasan materi di atas !!!
Isikan jawaban Anda pada form di bawah ini :

      

Terima kasih
Salam kangen ....

Ditulis Oleh :Sodikin Sc | My Haka Blog

Terima kasih Anda telah membaca artikel yang berjudul PERINTAH PERSAUDARAAN DALAM ISLAM, Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan berguna untuk Anda. Kritik dan saran silahkan kirim melalui kotak komentar di bawah ini. Jangan lupa share jika dirasa bermanfaat ....

:: Thank you for visiting ! ::

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "PERINTAH PERSAUDARAAN DALAM ISLAM"

Post a Comment

Budayakan komentar yang santun yah Gaes

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2