Kegiatan Perkemahan 2023 SMK ISTEK Tegal

Daftar isi [Buka]
Perkemahan Cipta Taruna


Tegal. Selama 2 hari berturut-turut, yakni dari tanggal 14-15 Agustus 2023 telah dilaksanakan kegiatan Perkemahan Cipta Taruna Tunas Muda (PCTTM) ke-17 Ambalan Mangunkusumo Nyi Ageng Serang SMK ISTEK Tegal. Kegiatan dilaksanakan di Yonzipur 4/K Slawi Kab. Tegal.

Pembukaan

Acara pembukaan PCTTM dibuka langsung oleh Kepala Sekolah. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kegiatan PCTTM bukanlah semata-mata program rutin tahunan tanpa makna.

"Tujuan dan maksud kegiatan ini adalah memberikan hak pembelajaran pendidikan pengembangan diri. Yang dengannya diharapkan menjadi bekal dalam menjalani kehidupan peserta di waktu-waktu mendatang." Demikian sambutnya. 

perkemahan smk
Pembukaan PCTTM oleh Kepala Sekoah

Disampaikan pula bahwa para peserta kegiatan agar dapat disiplin waktu dan mengikuti jadwal kegiatan dengan baik dan sungguh-sungguh. 

"Ikutilah kegiatan ini dengan rasa penuh keceriaan dan tanggungjawab agar hasilnya lebih bermakna". Demikian tambahnya

Rundown Kegiatan

Pada hari pertama (Senin, 14 Agustus 2023), setelah peserta kegiatan mengikuti Pembukaan, acara di lanjut dengan serangkaian materi sebagai berikut : Materi Bela Negara, Wide game, pelantikan OSIS, Apel sore, ISHOMA dan Tahlil, malam kesenian dan Api Unggun

Bela negara
Materi Bela Negara

Pada hari kedua (Selasa, 15 Agustus 2023), peserta mengikuti serangkaian kegiatan yang cukup padat pula, mulai dari Sholat Subuh, Senam Pagi, Apel Pagi, MCK, Makan pagi, PBB, Bedol desa, ISHOMA dan dilanjut dengan Sayora.

Malam Api Unggun 

Terasa berbeda pada kegiatan malam api unggun. Pada kesempatan ini, Drs. Dodi Subkhan selalu Ketua Yayasan Raudhatul Ulum yang menaungi SMKS ISTEK Tegal berkenan memimpin langsung jalannya kegiatan malam api unggun dan pentas seni.

Malam api unggun syarat makna yang mendalam. Dalam kesempatan itu, Beliau menyampaikan bahwa para peserta perkemahan harus mampu memahami makna "api" dalam kehidupan. Api adakalanya dapat bermanfaaat, namun juga dapat membahayakan. 

"Jadilah kalian seperti api, namun api yang menebar kemanfaatan bagi kehidupan umat". Sambutnya.

Penutupan

Kegiatan PCTTM ditutup pada hari Selasa, 15 Agustus 2023 oleh Kaka Eva Hadi Astanti, S.Pd selaku Wakil Kepala Bidang Kesiswaan

Penutupan perkemahan ambalan
Penutupan : Kakak Eva Hadi Astanti, S.Pd

Dalam sambutannya, disampaikan bahwa melalui kegiatan ini, para peserta diharapkan dapat memahami dan menerapkan Dasa Darma Pramuka dalam keseharian. Juga, memperkuat hubungan sosial, mengembangkan keterampilan bertahan hidup, serta memberikan pengalaman belajar di alam terbuka.

Hadiah lomba
Pemberian hadiah lomba dan peserta terbaik
Selain itu, perkemahan yang telah diikuti diharapkan juga dapat membantu mengembangkan kreativitas, meningkatkan pemahaman tentang lingkungan alam, dan mengurangi stres melalui interaksi dengan alam.

Ditulis Oleh : Sodikin Sc | My Haka Blog

Terima kasih Anda telah membaca artikel yang berjudul Kegiatan Perkemahan 2023 SMK ISTEK Tegal, Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan berguna untuk Anda. Kritik dan saran silahkan kirim melalui kotak komentar di bawah ini. Jangan lupa share jika dirasa bermanfaat ....

:: Thank you for visiting ! ::

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Kegiatan Perkemahan 2023 SMK ISTEK Tegal"

Post a Comment

Budayakan komentar yang santun yah Gaes

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2