IHT KURIKULUM MERDEKA SMK ISTEK TEGAL

Daftar isi [Buka]
IHT Kurikulum Merdeka

SMK ISTEK TEGAL. Senin, 20 Juni 2022 telah dilaksanakan In House Training (IHT) Kurikulum Merdeka di SMK ISTEK Tegal tahun pelajaran 2022/2023. Acara ini dilaksanakan secara rutin tiap awal menjelang tahun ajaran baru. 

Kegiatan IHT tahun pelajaran 2022/2023 terasa berbeda bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Ini dikarenakan pada tahun pelajaran baru nanti akan diberlakukan Kurikulum Merdeka yang sedang digaungkan Kementerian Pendidikan RI yang secara menyeluruh akan diberlakukan mulai tahun 2024. 

Mulai tahun pelajaran 2022/2023, Kementerian Pendidikan RI membuka implementasi kurikulum merdeka melalu jalur mandiri dengan memilih dari 3 (tiga) opsi, yakni Mandiri Belajar, Mandiri Berubah, dan Mandiri Berbagi. 

Untuk jenjang SMK pada naungan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah secara serempak dikehendaki untuk memilih opsi Mandiri Berubah, terkecuali SMK Pusat Keunggulan yang secara otomatis memilih opsi Mandiri Berbagi. 

Untuk itu menjadi sangat penting bagi semua guru untuk memahami hal-hal yang terkait dengan Implementasi Kurikulum Merdeka. 

Kegiatan ini disamping dihadiri semua guru, turut hadir pula Pengawas SMK dan unsur IDUKA sebagai stakeholder sekolah.

IHT Kurikulum Merdeka

Kegiatan diawali dengan sambutan kepala sekolah. Dalam kesempatan ini, kepala sekolah menyampaikan bahwa pilihan pemberlakuan kurikulum merdeka jalur mandiri (Mandiri Berubah) pada tahun pelajaran 2022/2023 merupakan amanah dari Dinas Pendidikan. Untuk itu, semua guru harus terus belajar dan mampu berkolaborasi dalam memahami perubahan paradigma kurikulum sekarang ini. "Guru harus terus belajar dan belajar untuk menyikapi dinamika perubahan dalam dunia pendidikan", demikian sambutnya.

Bpk Priono selaku IDUKA menyampaikan bahwa dengan adanya perubahan paradigma kurikulum pada jenjang SMK, guru harus mampu menjadikannya sebagai momentum yang tepat untuk penguatan karakter lulusan. "Ini penting, karena IDUKA sangat membutuhkan tenaga kerja yang mampu berkomunikasi dan berkolaborasi dengan baik," demikian sambutnya.

Bapak Priono juga menyampaikan untuk guru-guru kejuruan perlu pula upgrade keilmuan dengan cara magang di IDUKA yang sesuai kejuruan. Ini tentu dirasa sangat mendesak karena kemajuan teknologi di IDUKA sangat cepat.

Sementara itu, untuk lebih memahami IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka), Bpk Arief Kusnandar, M.Pd selaku Pengawas SMK sekligus sebagai narasumber IKM, menjelaskan banyak hal terkait kurikulum merdeka, seperti Regulasi, KOSP, Capaian Pembelajaran (CP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), dan Modul Ajar. 

Sebagai penugasan, guru langsung diberikan tugas membuat ATP yang kemudian dipresentasikan hasilnya. Tampak terlihat kegugupan, namun dengan penuh semangat setidaknya para guru mulai memahami bagaimana pembuatan ATP yang kemudian di breakdown menjadi modul ajar (RPP).

Secara umum, dari awal pembukaan hingga penutupan, kegiatan ini berjalan dengan lancar dan penuh makna.

Akhir kata, Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut hadir dan mensukseskan kegiatan IHT IKM SMK ISTEK Tegal untuk tahun pelajaran 2022/2023. Admin.

Ditulis Oleh : Sodikin Sc | My Haka Blog

Terima kasih Anda telah membaca artikel yang berjudul IHT KURIKULUM MERDEKA SMK ISTEK TEGAL, Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan berguna untuk Anda. Kritik dan saran silahkan kirim melalui kotak komentar di bawah ini. Jangan lupa share jika dirasa bermanfaat ....

:: Thank you for visiting ! ::

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "IHT KURIKULUM MERDEKA SMK ISTEK TEGAL"

Post a Comment

Budayakan komentar yang santun yah Gaes

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2