Tugas UH Bab : Al-Quran Adalah Pedoman Hidupku

Daftar isi [Buka]

Tugas online

Assalamu'alaikum wa Rahmatullahi wa Barakatuhu

Anak-anaku, pada pertemuan sebelumnya kita sudah belajar bersama tentang "Al-Quran Sebagai Sumber Hukum Islam Pertama". Sekarang, sebagai uji kompetensi pengetahuan, kerjakanlah tugas di bawah ini dengan benar !

Cermati Gambar dan Kisah Berikut !

quran pedoman hidup

Alkisah, terdapatlah seorang pengembara yang terbangun dari keadaan tidak sadar dan mendapat dirinya di tengah hutan. Dia tidak tahu di mana ia berada, dari mana dia berasal, siapa dia, dan untuk apa dia ada di hutan itu. Namun yang dia tahu adalah bahwa dia berada di sebuah hutan belantara, dikelilingi semak belukar lebat, pepohonan, binatang liar, dan tanpa ada seorang manusia pun untuk tempat bertanya. Di sekitar tempat dirinya terbangun, tidak dia temukan apa pun yang dapat mengingatkan dirinya akan asal-usulnya, dan kenapa dia ada di tempat itu.

Seiring waktu berjalan, dia mencapai titik lelah untuk mencari siapa dirinya, dan mengapa dia berada di tempat itu. Akhirnya, yang ia lakukan dalam keseharian hanyalah bertahan hidup, tanpa tujuan dan arah yang pasti. 

Hingga suatu ketika datang seseorang yang mengaku sebagai utusan maharaja, yang menerangkan jati dirinya melalui sebuah surat dari sang raja, bahwa dia adalah seorang pangeran yang berasal dari suatu negeri, diutus ke tempat ini untuk mencari harta karun. Buktinya adalah secarik kertas kecil yang diselipkan di bajunya, berisi catatan tentang siapa dia dan misi apa yang dia bawa di hutan.

Cerita pengembara di atas, jika dianalogikan dengan kehidupan kita sebagai manusia ibarat ‘pengembara’ yang hidup di “hutan dunia”. Seandainya saja tidak ada utusan yang membawa petunjuk, tentulah kita akan tersesat dan kebingungan dalam mengarungi hidup ini. Sebagaimana mereka yang tidak beriman seperti kaum materialis, ateis, dan hedonis yang hidup dalam kesesatan. 

Oleh karena itu, bersyukurlah kita yang mendapatkan petunjuk dari utusan Allah Subhanahu wa Ta'ala yaitu Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallama yang menyampaikan kabar gembira, memberi peringatan, dan menerangkan hakikat penciptaan kita di dunia. Bersama beliau, diturunkanlah al-Qur’ān sebagai pedoman hidup. 

TUGAS


Setelah membaca kisah di atas, carilah dengan merujuk beberapa sumber bacaan lain  tentang kemukjizatan al-Qur'an ! Apa saja mukjizat al-Qur'an tersebut sehingga dijadikan sumber segala hukum dan pedoman hidup umat Islam ?

Tuliskan jawaban Anda pada form di bawah ini !




Daftar Siswa Yang Sudah Kirim Tanggapan

Refres halaman ini setelah Anda mengirim tanggapan tugas di atas !

Ditulis Oleh : Sodikin Sc | My Haka Blog

Terima kasih Anda telah membaca artikel yang berjudul Tugas UH Bab : Al-Quran Adalah Pedoman Hidupku, Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan berguna untuk Anda. Kritik dan saran silahkan kirim melalui kotak komentar di bawah ini. Jangan lupa share jika dirasa bermanfaat ....

:: Thank you for visiting ! ::

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Tugas UH Bab : Al-Quran Adalah Pedoman Hidupku"

Post a Comment

Budayakan komentar yang santun yah Gaes

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2