MENGIMANI ADANYA MALAIKAT (1)

Daftar isi [Buka]
Iman Kepada Malaikat

Kompetensi Dasar

1.4 Meyakini keberadaan malaikat-malaikat Allah Swt. 
2.4 Menunjukkan sikap disiplin, jujur dan bertanggung jawab, sebagai implementasi beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt. 
3.4 Menganalisis makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt. 
4.4 Menyajikan hubungan antara beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt. dengan perilaku teliti, disiplin, dan waspada.

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu:
  1. Meyakini keberadaan malaikat-malaikat Allah Swt.
  2. Menunjukkan sikap disiplin, jujur dan bertanggung jawab, sebagai implementasi beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt.
  3. Menganalisis makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt.
  4. Menyajikan hubungan antara beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt. dengan perilaku teliti, disiplin, dan waspada.

Pendahuluan

Kualitas iman seseorang dapat dilihat dari sejauh mana ketaatannya kepada Allah Swt. dan Rasul-Nya. Untuk dapat melaksanakan ketaatan kepada Allah Swt. dan Rasul-Nya dibutuhkan pemahaman terhadap ajaran Islam. Dari sini dapat dikatakan bahwa iman dan ilmu saling berkaitan dan mutlak adanya. Keimanan seseorang akan lebih mantap jika didasari dengan ilmu. Orang berilmu akan terhindar dari sifat sombong dan sifat tercela lainnya apabila ada iman di hatinya.

Keimanan akan tumbuh dan berkembang bila syariat Islam dilaksanakan dengan sepenuh hati. Enam rukun iman, salah satunya adalah iman kepada malaikat-malaikat Allah Swt. harus diamalkan dengan sepenuhnya guna memperoleh kesempurnaan iman


Makna Beriman kepada Malaikat

Kata malaikat berasal dari bahasa Arab malak, jamaknya malaa’ikah. Kata malak berasal dari akar kata ‘alk atau ‘aluka yang artinya risalah atau mengemban amanat’. 

Iman kepada malaikat memiliki empat unsur, yaitu:

a.  Mengimani wujud dan penciptaan malaikat

Malaikat merupakan makhluk Allah Swt yang berasal dari alam gaib, yang tercipta dari cahaya atau nur, seperti sabda Rasulullah Saw :

Artinya: ”Dari Aisyah r.a. Berkata Rasulullah Saw. bersabda: “Malaikat diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari api yang menyala-nyala dan Adam diciptakan dari sesuatu yang telah disebutkan (ciri-cirinya) untuk kalian”. (H.R. Muslim)

Perihal wujudnya, al-Qur’an menjelaskan dalam Q.S. Fathir/35: 1 yang berbunyi :

الْحَمْدُ لِلَّهِ فَاطِرِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ جَاعِلِ الْمَلَائِكَةِ رُسُلًا أُولِي أَجْنِحَةٍ مَثْنَىٰ وَثُلَاثَ وَرُبَاعَ ۚ يَزِيدُ فِي الْخَلْقِ مَا يَشَاءُ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan bumi, Yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Berdasarkan ayat tersebut dapat diketahui bahwa malaikat memiliki sayap, ada yang memiliki 2, 3 dan 4 sayap. Tentunya sayap-sayap yang dimaksud disini bukan sayap yang biasa dilihat pada burung. Sayap adalah lambang kekuatan yang memungkinkan makhluk dari alam gaib ini menunaikan tugasnya. Dengan sayap-sayapnya tersebut, setiap malaikat memiliki kecepatan gerak yang luar biasa. Firman Allah Swt. dalam Q.S. al-Ma’arij/70: 4 menjelaskan:

تَعْرُجُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ إِلَيْهِ فِي يَوْمٍ كَانَ مِقْدَارُهُ خَمْسِينَ أَلْفَ سَنَةٍ

Malaikat-malaikat dan Jibril naik (menghadap) kepada Tuhan dalam sehari yang kadarnya limapuluh ribu tahun.

b.  Mengimani Semua Malaikat

Dari sekian banyak malaikat, hanya sedikit sekali yang namanya disebutkan dalam al-Qur’an atau hadis. Setiap orang yang beriman diwajibkan untuk mengimani seluruh keberadaan malaikat, baik yang keberadaannya disebutkan maupun yang tidak disebutkan dalam alQur’an. Ada malaikat yang disebutkan dalam al-Qur’an atau hadis, orang yang beriman wajib mengimaninya secara rinci, dengan malaikat yang tidak disebutkan namanya, cukup mengimaninya secara umum.

Adapun jumlah malaikat mencapai ribuan. Namun berapa jumlah pastinya hanya Allah Swt. yang tahu. Bukti bahwa malaikat berjumlah ribuan, adalah Q.S. al-Anfal/8: 9

إِذْ تَسْتَغِيثُونَ رَبَّكُمْ فَاسْتَجَابَ لَكُمْ أَنِّي مُمِدُّكُمْ بِأَلْفٍ مِنَ الْمَلَائِكَةِ مُرْدِفِينَ

Artinya: “(Ingatlah), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu diperkenankan-Nya bagimu, “Sungguh, Aku akan mendatangkan bala bantuan kepadamu dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut."


Di antara sekian banyak malaikat, ada sepuluh nama yang dikenal, yaitu sebagai berikut :

  1. Jibril, yaitu malaikat yang mengepalai seluruh malaikat. Nama lain malaikat Jibril adalah Ruhul Amin dan Ruhul Qudus. Malaikat Jibril bertugas menyampaikan wahyu kepada para nabi dan rasul.
  2. Mikail, yaitu bertugas membagikan rezeki kepada seluruh makhluk ciptaan Allah Swt.
  3. Izrail, yaitu malaikat yang bertugas mencabut nyawa seluruh makhluk Allah Swt.
  4. Israfil, yaitu malaikat yang bertugas meniup sangkakala pada saat tiba hari kiamat dan menjelang manusia dibangkitkan dari alam kubur.
  5. Raqib, yaitu malaikat yang bertugas mencatat segala ucapan dan perbuatan baik manusia.
  6. Atid, yaitu malaikat yang bertugas mencatat segala ucapan dan perbuatan jahat manusia.
  7. Munkar dan Nakir, malaikat yang bertugas mengadili manusia di alam barzakh. Kedua malaikat tersebut menanyakan segala sepakterjang si mayat selama hidup di dunia.
  8. Ridwan, yaitu malaikat yang bertugas menjaga pintu surga tempat manusia menerima imbalan dari ketaatan dan ketaqwaannya pada Allah Swt.
  9. Malik, yaitu malaikat yang bertugas menjaga pintu neraka tempat manusia menerima imbalan dari kedurhakaannya pada Allah Swt.


c. Mengimani sifat-sifat malaikat

Satu hal yang penting untuk diperhatikan adalah bahwa sesuatu yang gaib tidak bisa dianalogikan dengan sesuatu yang tampak dan tidak bisa dijangkau oleh indera manusia dari semua sisi. Perihal sifat-sifatnya, malaikat merupakan hamba-Nya yang mulia, firman Allah Swt. dalam Q.S. al-Anbiya/21: 26

وَقَالُوا اتَّخَذَ الرَّحْمَٰنُ وَلَدًا ۗ سُبْحَانَهُ ۚ بَلْ عِبَادٌ مُكْرَمُونَ

Artinya: “Dan mereka berkata, “Tuhan Yang Maha Pengasih telah menjadikan (malaikat) sebagai anak.” Mahasuci Dia. Sebenarnya mereka (para malaikat itu) adalah hamba-hamba yang dimuliakan.”

Dikatakan mulia, karena senantiasa tunduk dan patuh pada Allah Swt., taat pada apa yang diperintahkan-Nya, tak pernah durhaka sekalipun. Firman Allah Swt. dalam Q.S. at-Tahrim/66: 6 :

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.”

Juga setiap saat sepanjang waktu para malaikat selalu bersujud dan bertasbih pada Allah Swt., firman Allah Swt. dalam Q.S. az Zumar/ 39: 75 :

Artinya: “Dan engkau (Muhammad) akan melihat malaikat-malaikat melingkar di sekeliling ‘Arsy, bertasbih sambil memuji Tuhannya; lalu diberikan keputusan di antara mereka (hamba-hamba Allah) secara adil dan dikatakan, “Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam.”

Sifat-sifat lain yang harus diyakini oleh orang yang beriman terkait sifat-sifat malaikat adalah bahwa malaikat suci dari sifat-sifat jin dan manusia, seperti hawa nafsu, adanya rasa lapar, tidak makan dan minum, merasakan sakit, dan tidak tidur.

d. Mengimani tugas-tugas malaikat

Tugas-tugas yang diemban oleh para malaikat, menurut al-Qur’an, antara lain adalah sebagai berikut :

1)  Membawa kebaikan dan menyebarkan rahmat dari Allah Swt

Demi (malaikat-malaikat) yang diutus untuk membawa kebaikan (1), dan (malaikat-malaikat) yang terbang dengan kencangnya (2)dan (malaikat-malaikat) yang menyebarkan (rahmat Allah) dengan seluas-luasnya (3), dan (malaikat-malaikat) yang membedakan (antara yang baik dan yang buruk) dengan sejelas-jelasnya (4), dan (malaikatmalaikat) yang menyampaikan wahyu (5).” (Q.S. al-Mursalat/77: 1-5)

Setiap kebaikan yang dilakukan adalah hasil dari dorongan malaikat. Al-Qur’an menjelaskan bahwa peran malaikat dan setan adalah untuk mendorong manusia ke arah dua jurusan kehidupan yang berlainan. Malaikat ke arah hidup yang baik dan mulia sementara setan ke arah hidup yang keji dan jahat.

2) Menyampaikan wahyu kepara para nabi dan rasul

Dan sungguh, (Al-Qur’an) ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan seluruh alam (192), Yang dibawa turun oleh ar-Ruhul al-Amin (Jibril) (193).” (Q.S. asy-Syu’ara/26: 192-193)

Fungsi malaikat yang paling penting dan paling utama ialah menurunkan wahyu atau risalah Allah Swt. kepada para nabi. Para nabi bukan saja mendengar suara, tetapi melihatnya. Oleh karena itu terkadang nabi melihat malaikat dalam bentuk manusia, dan kadang dalam bentuk yang lain.

3) Meneguhkan hati para nabi dan kaum mukmin

“…Kami beri Isa putra Maryam beberapa mukjizat dan Kami perkuat dia dengan Rohulkudus…” (Q.S. al-Baqarah/2: 253)

Tugas para malaikat yang diuraikan dalam al-Qur’an, untuk meneguhkan hati hamba-hamba Allah Swt. yang tulus baik nabi maupun yang bukan nabi, juga untuk menghibur mereka pada waktu mengalami kesulitan dan kesusahan.

4) Mendatangkan azab bagi umat yang zalim dan mengingkari ayat-ayat-Nya

Maka bagaimana (nasib mereka) apa-bila malaikat (maut) mencabut nyawa mereka, memukul wajah dan punggung mereka?” (Q.S. Muhammad/47: 27)

Fungsi malaikat meneguhkan hati kaum mukmin erat sekali hubungannya dengan melaksanakan hukuman Allah terhadap orang jahat karena jika dibandingkan antara orang tulus dan orang jahat, hukuman bagi orang jahat dan pertolongan bagi orang yang tulus adalah sama. 

5) Menolong manusia dengan memintakan ampun kepada Allah Swt.

Hampir saja langit itu pecah dari sebelah atasnya (karena kebesaran Allah) dan malaikat-malaikat bertasbih memuji Tuhannya dan memohonkan ampunan untuk orang yang ada di bumi. Ingatlah, sesungguhnya Allah Dialah Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (Q.S. asy-Syura/42: 5)

Tugas malaikat yang lainnya adalah memberikan syafaat dan mendoakan manusia baik yang beriman maupun yang tidak. Akan tetapi, doa malaikat menjadi lebih makbul jika berkenaan pada orang yang beriman. Adapun doa yang dilantunkan para malaikat adalah tentang ampunan atas kesalahan yang dilakukan oleh manusia. 


6) Mencatat segala perbuatan manusia

Dan sesungguhnya bagi kamu ada (malaikat-malaikat) yang mengawasi (pekerjaanmu) (10), yang mulia (di sisi Allah) dan yang mencatat (amal perbuatanmu) (11), mereka mengetahui apa yang kamu kerjakan (12)." (Q.S. al-Infithar/82: 10-12)

Salah satu tugas malaikat adalah mengawasi semua yang dilakukan oleh manusia. Semua itu akan dicatat, baik terkait perbuatan baik maupun terkait dengan perbuatan yang tidak baik, sehingga tak ada satupun yang terlewati pengawasan dari malaikat. 


7) Membantu meningkatkan rohaniah manusia, baik di dunia maupun akhirat

Setiap orang akan datang bersama (malaikat) penggiring dan (malaikat) saksi” (Q.S. Qaf/50: 21)

Sebagaimana manusia, para malaikat itu pun memiliki jadwal giliran dalam menjalankan tugas mereka. Rasulullah Saw. bersabda: “Para malaikat (yang bertugas pada) malam hari dan malaikat (yang bertugas pada) siang hari selalu bergantian mendatangi kalian. Mereka berkumpul ketika pada waktu salat Subuh dan Asar. Kemudian malaikat malam naik ke langit, lalu Tuhan mereka bertanya kepada mereka-padahal sesungguhnya Allah Maha Tahu: ‘Bagaiman keadaan hamba-hambaKu saat kalian tinggalkan?” Para malaikat menjawab: "Kami tinggalkan ketika mereka sedang salat, dan kami datangi mereka juga sedang salat”. (H.R. Muslim dari Abi Hurairah)

Terang sekali bahwa tugas atau fungsi malaikat ialah membantu perkembangan ruhani manusia. Malaikat mengemban wahyu ilahi, dan hanya dengan bantuan wahyu sajalah manusia mampu melaksanakan kehidupan ruhani dan mampu membuat kemajuan ruhani dengan mengembangkan daya-daya ruhaninya.

Dengan demikian, beriman kepada sesuatu itu pada hakikatnya membenarkan suatu prinsip sebagai landasan bagi perbuatan. Oleh karena itu, beriman kepada malaikat berarti membenarkan adanya kehidupan rohani. Orang yang beriman harus mengembangkan kehidupan rohani itu dengan jalan melakukan perbuatan yang sesuai dengan bisikan malaikat dan menggunakan daya kemampuan pemberian Allah Swt. dengan sebaik-baiknya

======================
Guna menambah khazanah keilmuan tentang keimanan kepada malaikat Allah, simak video berikut :



Sumber : Abu Rojash Channel

Ditulis Oleh : Sodikin Sc | My Haka Blog

Terima kasih Anda telah membaca artikel yang berjudul MENGIMANI ADANYA MALAIKAT (1), Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan berguna untuk Anda. Kritik dan saran silahkan kirim melalui kotak komentar di bawah ini. Jangan lupa share jika dirasa bermanfaat ....

:: Thank you for visiting ! ::

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "MENGIMANI ADANYA MALAIKAT (1)"

Post a Comment

Budayakan komentar yang santun yah Gaes

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2